terkini















Ribuan Penerima Bantuan Usaha Baitul Mal Aceh Padati BAS Singkil

Pujo
12/07/22, 04:43 WIB Last Updated 2022-12-06T21:43:16Z
Aceh Singkil-mediaadvokasi.id 
Sebanyak 3.062 orang pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Aceh Singkil akan segera mendapatkan bantuan modal usaha dari Lembaga Baitul Mal Provinsi Aceh. 

Para pelaku UMKM tersebut merupakan hasil verifikasi dan validasi oleh Lembaga Baitul Mal pada November lalu yang langsung ke rumah tangga sasaran, yang sebelumnya sempat mendaftarkan usahanya secara online, untuk menerima dana bantuan usaha dari Lembaga Baitul Mal Provinsi Aceh tersebut. 

Bagi nama-nam yang tercantum dalam daftar tersebut, wajib melakukan daftar ulang paling lambat 9 Desember 2022 pukul 23.00 WIB, dengan melampirkan rekening Bank Aceh aktif atas nama pribadi penerima bantuan tersebut. 


Pimpinan Bank Aceh Syariah Cabang Singkil Indra Gunawan Selasa (6/12/2022) mengatakan, pihak Bank saat ini sedang membantu para penerima bantuan dari Lembaga Baitul Mal Aceh, untuk membuka rekening yang belum memiliki buku tabungan. Sementara penerima bantuan yang sudah memiliki buku tabungan kita bantu pengumpulan berkas berupa foto kopi buku bank, dan selanjut nya di entri dan dilaporkan ke Lembaga Baitul Mal Aceh.

"Pengambilan berkas ini untuk mempermudah pelayanan nasabah agar tidak terjadi antrian dan tidak membludak,”ucapnya.

Setelah pengumpulan berkas, kata Indra, selanjutnya penandatanganan spesimen oleh nasabah, kemudian mengentri.Setelah selesai rekening selanjutnya diserahkan ke Badan Baitul Mal dan upload ke aplikasi tersebut," terangnya. 

Lebih lanjut Idra juga mengatakan, pelayanan pengumpulan berkas tidak hanya di BAS Cabang Singkil. Namun termasuk di zona wilayah Simpang Kanan, Danau Paris yang mengerahkan Mobil Kas. Kemudian Bank Aceh KC Rimo dan Bank Aceh KCP Pulau Banyak. 

Begitupun katanya, bahwa ribuan pelaku usaha penerima manfaat ini tidak ada jadwal pasti target penyelesaian pembuatan buku rekening. Namun jika proses lancar diprediksi dalam 2 hari sudah tuntas pembukaan buku rekening dan pengumpulan berkas.

“Untuk jadwal pembukaan rekening, dari informasi ada saya terima dari media sampai tanggal 9 Desember. Namun penyampaian resmi ke kami tidak ada informasi sampai kapan. Dan pembukaan rekening ini tidak ada pungutan biaya alias gratis,”kata Idra Gunawan. 

Sekedar informasi, penerima bantuan modal pelaku usaha mikro tahun 2022 ini merupakan yang berdomisili di lima Kabupaten di Aceh dengan persentase kemiskinan tertinggi. Lima Kabupaten di Aceh yang termiskin itu adalah, Kabupaten Aceh Singkil, Gayo Lues, Pidie, Pidie Jaya, dan Benar Meriah.(Ahmad).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ribuan Penerima Bantuan Usaha Baitul Mal Aceh Padati BAS Singkil

Terkini

Topik Populer