terkini















PENDAMPING DESA ADAKAN EDUTAINMENT BAGI ANAK-ANAK KORBAN GEMPA LOMBOK

8/17/18, 14:21 WIB Last Updated 2018-08-17T07:21:37Z
Situasi Anak-anak Korban Gempa Lombok di Tenda-tenda Pengungsian

Lombok, Media Advokasi - Dalam rangka menyemarakkan Peringatan Hari Ulang Tahun Kemendekaan RI ke-73 dan memberikan pelayanan bagi masyarakat korban gempa di Pulau Lombok, terutama anak-anak, Tim Pendamping Desa selenggarakan sejumlah lomba yang bersifat edutainment atau permainan yang mendidik di Posko Pengendali dan Posko-posko Penanganan Bencana.

Demikian siaran pers Panitia Lomba 17-an di Tempat Gempa, (Lombok, 17/08/2018).
Menurut ketua panitia, L. Husni Ans., lomba edutainment ini dimaksudkan untuk memberikan pelayanan tauma healing atau penanganan trauma, terutama bagi anak-anak terdampak gempa dengan cara mengikut sertakan mereka dalam berbagai jenis perlombaan di tenda-tenda pengungsian, seperti di Desa Kekeri, Kec Gunungsari, Kab Lombok Barat dan tempat lainnya.

Situasi Anak-anak Korban Gempa Lombok di Tenda-tenda Pengungsian


"Anak-anak tersebut membutuhkan sarana hiburan yang positif dan mendidik di tengah keprihatinan musibah gempa yang melanda mereka", katanya.
Adapun jenis lomba meliputi Lomba Balap Karung, Lomba Memasukkan Paku dalam Botol, dan Lomba Makan Kerupuk. Ketiga jenis lomba tersebut, lanjutnya, memiliki nilai edukatif, yakni sportifitas, kecermatan dan ketangkasan yang menghibur.

Bagi mereka yang meraih juara, Panitia menyediakan berbagai jenis hadian menarik berupa permainan monopoli kertas, dapur set plastik, boneka, dan jajanan pasar yang sehat, katanya.

Menurut Koordinator Posko Pengendali Penanganan Bencana Provinsi NTB, Tauhid, sumber pembiayaan untuk pelaksanaan sejumlah kegiatan di tenda-tenda pengungsi yang difasilitasi oleh Pendamping Desa diambilkan dari dana hasil sumbangan dari Tenaga Pendamping Profesional yang dikumpulkan dari masing-masing Provinsi melalui Managemen Nasional P3MD dan Kemendes PDTT yang mencapai ratusan juta.

"Kita sangat berterima kasih kepada para Donatur, terutama Kemendes PDTT dan seluruh Tenaga Pendamping Profesional Indonesia atas solidaritas dan bantuan yang luar biasa kepada kami dan masyarakat di NTB yang terus mengakir ini", katanya. (*)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • PENDAMPING DESA ADAKAN EDUTAINMENT BAGI ANAK-ANAK KORBAN GEMPA LOMBOK

Terkini

Topik Populer