terkini

KEMENDES GALAKKAN GERAKAN SOLIDARITAS SOSIAL, BERBAGI SEMBAKO GRATIS DI KULON PROGO

5/31/19, 00:45 WIB Last Updated 2019-05-30T17:45:48Z

Kulon Progo, MA - Direktur Pembangunan Sarana Prasarana Desa Ditjen PPMD, H. Muklis mewakili Dirjen PPMD Taufik Madjid, mengajak semua pihak untuk menggiatkan gerakan solidaritas sosial untuk saling membantu meringankan beban masyarakat yang kurang mampu secara ekonomi. Selain itu, hendaknya dapat memanfaatkan momentum Bulan suci Ramadhan sebagai spitrit meningkatkan solidaritas sosial, persatuan dan kesatuan sebagai sesama warga bangsa dalam wadah NKRI.

Demikian tali simpul rilis  yang disampaikan ke media dalam kegiatan bertajuk "Berbagi Sembako Gratis Berkah Ramadlan, Kerjasama Kemendes PDTT, BNI, Bulog dan Pemkab Kulon Progo" di Masjid Agung, Wates, Kulon Progo pada Rabu, (29/2019).

Di hadapan para Camat dan Kepala Desa se-Kabupaten Kulon Progo serta 2500 kekuarga yang diwakili secara simbolis oleh 500   perwakilan masyarakat yang hadir sebagai  penerima manfaat sembako gratis tersebut, Direktur Pembangunan Sarpras Desa, H. Muklis menegaskan, program berbagi paket  sembako gratis ini bukan dilihat dari nominalnya, namun dilihat dari maknanya, yakni merajut tali silaturahim dan solidaritas sosial sesama warga bangsa.

"Penguatan nilai solidaritas sosial menjadi ruh dalam upaya memupuk persatuan dan kesatuan warga bangsa dalam bingkai NKRI", katanya.

H. Muklis menambahkan, Kementerian Desa PDTT, terutama Direktorat PMD dan Direktorat Pembangunan Sarpras Desa memiliki perhatian besar terhadap  pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa yang membutuhkan jejaring dan kerjasama yang lebih luas dengan berbagai stakehokder Desa.

Oleh sebab itu, dia menyampaikan apresiasi dan terima kasih sekaligus  berharap kerjasama program serupa, baik dengan BNI, Bulog dan Pemkab/Pemkot dan lainnya di berbagai Daerah perlu ditindaklanjuti di waktu mendatang.

"Solidaritas sosial warga Desa menjadi kunci di era digital ini. Kita siap luncurkan program Dedi (Desa Digital) untuk mendorong program Dewi (Desa Wisata) dalam rangka memajukan dan memandirikan Desa. Itu butuh kesiapan masyarakat yang solid", tegasnya.

Bupati Kulon Progo dalam sambutan yang dibacakan oleh Asisten 1 Bidang  Pemerintahan dan Kesra, Jumanto menyampaikan rasa terima kasih kepada Kemendes PDTT, BNI dan Bulog atas perhatian dan kepeduliannya pada masyarakat Kulon Progo yang hingga saat ini masih memiliki sekitar 18 % masyarakat miskin.

Bupati berharap agar masyarakat penerima bantuan sembako gratis sejumlah 2500 keluarga yang tersebar di seluruh Desa tersebut benar-benar dapat mensyukurinya dan dimanfaatkan dgn baik.

Selain itu, dia juga berharap agar semua pihak memberikan apresiasi dan dukungan pada salah satu program andalan Pemerintah Daerah berupa  "Bela Beli" Kulon Progo sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, pimpinan BNI Cabang DI Yogyakarta, Sri Indira mengatakan, kegiatan ini menjadi salah satu cara mensyukuri nikmat Allah SWT.

"Oleh sebab itu BNI berterima kasih dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kemendes PDTT dan smua pihak atas kepercayaan dan kerjasama selama ini. Juga terima kasih kepada masyarakat yang telah menabung di BNI. Semoga program seperti ini dapat berkelanjutan", tandasnya.
(Rilis/Ar/Sky)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • KEMENDES GALAKKAN GERAKAN SOLIDARITAS SOSIAL, BERBAGI SEMBAKO GRATIS DI KULON PROGO

Terkini

Topik Populer