terkini















Pemkot Bogor-Inggris Kerjasama Investasi Rp. 630 M Pengolahan Sampah Plastik Jadi Biodiesel

7/23/19, 18:41 WIB Last Updated 2019-07-23T11:41:04Z
Inggris,MA-Wali Kota Bogor, Bima Arya dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dengan CEO Plastic Energy Inggris, Carlos Monreal telah menyepakati pembangunan pengolahan sampah plastik menjadi biodiesel di Bogor pada awal tahun 2020 dengan nilai investasi sebesar 45 juta dollar Amerika atau Rp. 630 Miliar diatas lahan 10 hektar di kawasan TPA Galuga.

Nantinya, sebanyak 100 ton plastik akan dipilah dari 1.000 ton sampah per hari di Galuga tanpa adanya biaya timbang sampah atau tipping fee bagi Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor.

"Pembangunan ini akan sangat membantu program pelestarian lingkungan melalui pengelolaan sampah yang ramah lingkungan, serta diharapkan dapat membantu menciptakan lapangan pekerjaan bagi warga lokal di sekitar TPA Galuga," kata Wali Kota Bogor, Bima Arya, Selasa (22/07/2019).

Program ini merupakan yang pertama di Asia Tenggara yang telah disetujui oleh Presiden Joko Widodo menurut Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Pemkot Bogor berkewajiban untuk menyiapkan segala perizinannya, termasuk sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai upaya pemilahan sampah rumah tangga.

Sebagai tindak lanjut dari pertemuan tersebut Gubernur Jawa Barat meminta agar Wali Kota Bogor Bima Arya berkoordinasi dengan Bupati Bogor Ade Munawaroh untuk persiapan dan pelaksanaan pembangunan pengolahan sampah plastik menjadi biodiesel. (yon/humpro)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pemkot Bogor-Inggris Kerjasama Investasi Rp. 630 M Pengolahan Sampah Plastik Jadi Biodiesel

Terkini

Topik Populer