terkini

Ditengah Pandemi, Disbunnak Pijay Bantu Pupuk Kepada Petani Jeruk

Pujo
8/17/21, 08:02 WIB Last Updated 2021-08-17T01:02:41Z
Pidie Jaya-mediaadvokasi.com
Guna membangkit gairah petani kebun dimasa pandemi covid-19 dalam bercocok tanam, Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Pidie Jaya berikan satu (1) ton pupuk kepada Rusli, pemilik kebun jeruk di kawasan Krueng Tijee, Kecamatan Meureudu, Pidie Jaya.

Pemberian pupuk tersebut merupakan insiatif kepala dinas sendiri setelah meninjau ke lahan jeruk yang memang cukup bagus. Meskipun tidak sebagus seperti di daerah dingin Berastagi, Sumatra Utara, tapi kwalitas buah jeruk, baik rasa maupun ukuran sudah memenuhi standar pasar. Hal itu diutarakan Kadis Perkebunan dan Peternakan (bunnak) Pidie Jaya, Syukri, S.Pd I, MM, beberapa hari setelah penyerahan satu (1) ton pupuk kepada pemilik kebun jeruk, Krueng Tijee.

Selain itu, kadis Bunnak juga berkeinginan agar warga Pidie Jaya yang manyoritas bertani dan berkebun, lebih semangat dalam berkebun, karena selain coklat, sawit, rambutan dan  jengkol, ternyata jeruk juga bisa tumbuh subur di tanah Pidie Jaya.

"Sebenarnya di Pidie Jaya memiliki lahan subur, yang bisa ditanami bermacam-macam tanaman. Namun untuk tanaman jeruk, masih sedikit yang menanaminya. Untuk itu saya beri sedikit bantuan ini,  agar petani lain juga bisa menanam tanaman-tabaman unggulan yang bisa menghasilkan," ucap Syukri.

Hal senada juga dibenarkan oleh Kabid Perkebunan Reza Maulizar, bahwa sesuai PH tanah pegunungan di Pidie Jaya yang letaknya 30 KM di atas permukaan laut, ternyata memiliki PH di atas 7, hal ini membuktikan lahan tanah di perbukitan Pidie Jaya bersifat netral. Jadi cocok untuk berbagai jenis tanaman, karena kadar asamnya yang tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah. 
"Bisa dikatakan hara tanah di Pidie Jaya cukup bagus, terutama yang berada di ketinggian 30 KM di atas permukaan laut. Untuk itu kami harapkan kepada para petani kebun agar jangan ragu-ragu untuk bercocok tanam, sebab rambutan dan jeruk bisa tumbuh subur," ucap Reza.

"Kami dari pemerintah ikut memberi dukungan dan motivasi, agar petani pekebun tetap smangat dalam bertani dan berkebun," sambungnya.

Kemajuan pertanian dan perkebunan rakyat, juga bagian dari visi-misi bupati dan wakil bupati Pidie Jaya untuk mensejahterakan masyarakatnya. 

"Dengan pola pekebun yang lebih modern, ini akan mengangkat perekonomian warga, modern cara berfikir, modern cara menanam dan modern pula cara memilih tanaman. Akhirnya kita akan maju lewat pola tanaman-tanaman yang berkwalitas," pungkas Reza.(Ismed)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ditengah Pandemi, Disbunnak Pijay Bantu Pupuk Kepada Petani Jeruk

Terkini

Topik Populer