terkini

LIRA Sumsel Soroti Pembangunan Jalan Desa Anugerah Kemu OKU Selatan

2/09/22, 23:23 WIB Last Updated 2022-02-09T16:29:12Z
Lapdu Lira Sumsel ke Kejati Sumsel (Foto:Ist)

Palembang, MA - Dapati aduan masyarakat (dumas), DPW LSM Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Sumatera Selatan sampaikan laporan aduan ke Kejati Sumsel, Rabu (09/02).

Dalam laporannya, LSM Lira Sumsel meminta kepada Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan untuk melakukan penyelidikan dan pemeriksaan terhadap proyek pembangunan Jalan Desa Dusun IV di Desa Anugerah Kemu Kecamatan Pulau Beringin Kabupaten OKU Selatan, dan juga meminta transparasi penggunaan Dana Desa Anugerah Kemu Kecamatan Pulau Beringin Kabupaten OKU Selatan.

Atau meminta Kajati Sumsel untuk memberikan perintah kepada Kejaksaan Negeri OKU Selatan untuk dilakukan penyelidikan dan pemeriksaan terhadap proyek tersebut.

Terakhir, Meminta untuk dilakukan audit terhadap dana desa dan bangunan desa, agar masyarakat dapat benar-benar menikmati fasilitas dan penerapan dana desa.

Sebelumnya, LSM Lira Sumsel mendapati Aduan Masyarakat (17/01), terhadap proyek pembangunan Jalan Desa Dusun IV di Desa Anugerah Kemu Kecamatan Pulau Beringin Kabupaten OKU Selatan tahun anggaran 2021, dimana proyek tersebut belum selesai dikerjakan.

Masyarakat menduga jalan tersebut tidak sesuai dengan RAB, dimana jalan telah dibangun pada Desember lalu sudah dalam kondisi rusak, sementara papan proyek tidak ada.


Ketua DPW LSM Lira Sumsel, Al Anshor, mengatakan sudah meminta klarifikasi terhadap pihak terkait, "Sudah kita minta klarifikasi melalui surat dan diterima oleh Sekretaris Desa (18/01) dan hingga saat ini belum dijawab, sementara Sekdes membenarkan jalan tersebut masih dalam pengerjaan tahap 3 dan belum selesai, untuk laporan ini sudah kita kirimkan tembusan ke Pihak Desa" terangnya.

Untuk diketahui, berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten OKU Selatan terhadap Realisasi Dana Desa Anugerah Kemu terlah terealisasi sepenuhnya sebesar Rp. 821.070.000.  (red)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • LIRA Sumsel Soroti Pembangunan Jalan Desa Anugerah Kemu OKU Selatan

Terkini

Topik Populer