terkini

MPW Pemuda Pancasila Jambi Buka Pendaftaran Bakal Calon Ketua Periode 2022-2027

2/12/22, 23:45 WIB Last Updated 2022-02-12T16:44:59Z
Jambi, MA - Menjelang Musyawarah Wilayah – VII Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila (PP) Jambi membuka pendaftaran bakal calon ketua masa bakti 2022-2027.

Ketua Panitia Pengarah (SC) Musyawarah Wilayah – Pemuda Pancasila Provinsi Jambi,  Sutan Irwan mengatakan pendaftaran bakal calon Ketua MPW PP Jambi dibuka tanggal 7 Februari s.d 5 Maret 2022.

"Mem-publish kepada umum dan juga kepada MPC-MPC bahwa bakal calon untuk Pemuda Pancasila tahun 2022 sesuai dengan arahan dari MPN kita itu sifat demokratis dan terbuka,” ujarnya di Sekretariat MPW Pemuda Pancasila Provinsi Jambi (12/2/22).

Melalui pengumuman pendaftaran ini, lanjut Sultan Irwan, PP menepis kesan seleksi bakal calon di Pemuda Pancasila itu tertutup pada saat pleno.

“Kita benar-benar terbuka baik masyarakat luas dan juga internal Pemuda Pancasila, tetapi dengan kriteria dan syarat-syarat yang sudah ditentukan sesuai dengan PO dan juklak,” terangnya.

Ketua Panitia Pengarah (SC) Musyawarah Wilayah – VII Pemuda Pancasila Jambi mengatakan ketentuan tentang pendaftaran bakal calon ketua itu diatur di juklak Bab 6 Pasal 10.

“Bahwa memang sekarang ini sistemnya terbuka. Nanti steering committee akan membuat formulir pendaftaran, jadi tanggal 7 Februari sudah mulai kita buka ditutup tanggal 5 Matet. Formulir pendaftaran bisa diambil di Sekretariat kita,” urainya.

Bakal calon itu, katanya harus mendapat dukungan 30 persen dari jumlah suara sebanyak 11 utusan sesuai dengan ketentuan.

“Ada dari MPN Pusat, MPW, Mejelis Pertimbangan Organisasi dan 11 MPC Se-Provinsi Jambi itulah yang punya hak suara. Muswilnya nanti dilaksanakan tanggal 11-13 Maret,” imbuhnya.

Sesuai dengan Peraturan Organisasi Pemuda Pancasila Bab XVII Pasal 35, persyaratan administrasi calon ketua umum, ketua MPW, ketua MPC, ketua PAC, ketua pimpinan ranting, ketua pimpinan anak ranting dan pengurus, adalah sebagai berikut:

Warga Negara Indonesia dengan bukti KTP, Memiliki KTA Pemuda Pancasila, Diutamakan memiliki sertifikat kaderisasi yang diterbitkan oleh majelis pimpinan nasional ormas Pemuda Pancasila, 
Membuat surat pernyataan kesedian di atas kertas bermaterai cukup disertai bidodata, memenuhi persyaratan lainnya yang ditetapkan sesuatu hasil komisi organisasi, menyatakan pengunduran diri dari rangkap jabatan pada jenjang tingkatan internal organisasi Pemuda Pancasila lainnya bilamana terpilih.

Sedangkan kriterianya adalah sebagai berikut: bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Setia kepada NKRI, Pancasila dan UUD 1945, Memiliki integritas moral dan visioner, Tidak tercela atau tidak sedang terkena vonis hukuman minimal 5 tahun dari pengadilan  yang mempunyai kekuatan hukum tetap.

Memiliki pemahaman tentang organisasi kemasyarakatan Pemuda Pancasila, Tidak terkena sanksi organisasi berupa skorsing atau pemecatan, terkecuali telah mendapat rehabilitasi, Memiliki sikap yang tegas, konsisten, serta mampu secara moril dan materiil mengemban amanat keputusan-keputusan organisasi. (Ilham)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • MPW Pemuda Pancasila Jambi Buka Pendaftaran Bakal Calon Ketua Periode 2022-2027

Terkini

Topik Populer