terkini

Kades Sei Sejenggi Perbaungan Harapkan P3A TGAI Berkelanjutan Demi Meningkatkan Produksi Pangan.

7/13/22, 13:19 WIB Last Updated 2022-07-13T06:19:40Z

 


Serdang Bedagai, MA- Program  Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) merupakan salah satu kegiatan dari Program Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM).


P3-TGAI merupakan lanjutan dari Program P4-ISDA yang telah dilaksanakan sejak tahun 2013 dan sekarang berganti nama menjadi P3-TGAI.


Walaupun demikian maksud dan pelaksanaannya hampir sama, yaitu untuk menumbuhkan partisipasi masyarakat Petani Pemakai Air (P3A) dalam kegiatan perbaikan, rehabilitasi dan peningkatan jaringan irigasi sesuai dengan kebutuhan dan prinsip kemandirian.


Terkait dukungan kedaulatan pangan dan Padat Karya maka diperlukan keterlibatan masyarakat melalui program P3-TGAI (Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi) yaitu pembangunan irigasi kecil  dengan melibatkan langsung perkumpulan petani pemakai air (P3A). Begitu halnya pada pelaksanaan yang dilakukan kelompok P3A Cahaya Tani dan Mitra Tani Desa Sei Sejenggi  Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai Sumatera Utara.Rabu (13/07/2022) 


Pelaksanaan P3-TGAI yang dikerjakan oleh P3A Kelompok Cahaya Tani dan Kelompok Mitra Tani Desa Sei Sejenggi, Ketua Tumiran dengan Penanggung jawab Kades Sei Sejenggi  Bapak Sutarman dengan Lokasi di tersier Sei Sejenggi, dusun satu dan dusun empat Desa Sei Sejenggi yang dikerjakan secara Swakelola ,Saat ditemui dilapangan oleh awak media Advokasi mengatakan 


"ucapan terima kasih dari Ketua P3A Cahaya Tani Bapak Tumiran . dan P3A  Mitra Tani Bapak Sunardi atas Dukungan pemerintah yang diberikan pada Kelompok P3A Cahaya Tani dan Mitra Tani " ucapnya


Hal Senada juga disampaikan Kades Sei Sejenggi ,Sutarman  diharapkan Pasokan Air yang dibutuhkan Warga Desa Sei Sejenggi ,terpenuhi sekaligus bisa meningkatkan hasil pertanian warga desa Sei Sejenggi (ecamatan Perbaungan Kabupaten  Serdang Bedagai


” Kami atas nama petani yang ada diwilayah Desa Sei Sejenggi . berharap program P3 – TGAI berkelanjutan terutama untuk wilayah desa ini agar mendapatkan bantuan lagi karena masih banyaknya lokasi irigasi yang belum  tersentuh.kami pun mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat dan balai besar wilayah sungai Sumatera II ( BBWS ) dan Anggota DPR RI ,yang mana Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air sudah turun ke Desa Sei Sejenggi, yang telah membantu sehingga program ini dapat terealisasi dengan baik.” Pungkasnya.(Suyanto)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kades Sei Sejenggi Perbaungan Harapkan P3A TGAI Berkelanjutan Demi Meningkatkan Produksi Pangan.

Terkini

Topik Populer