terkini















Menteri Desa, Eko Putro Sandjojo Peduli Bengkulu

2/07/19, 13:23 WIB Last Updated 2019-02-07T07:49:27Z

Mentri Desa PDTT Eko Putro Sandjojo.

Bengkulu, MA - Menteri Desa PDTT, Eko Putro Sandjojo mengatakan pihaknya menekankan kebijakan Presiden Jokowi terkait Dana Desa di Tahun 2019 agar lebih ditekankan penggunaannya untuk kepentingan non-infrastrukur seperti peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia di Desa.


Demikian rilis yang disampaikan ke Media terkait pengantar paparan Mendes PDTT, Eko Putro Sandjojo dalam acara Talkshow TVRI di Provinsi Bengkulu, (6/2/2019).

Lebih jauh, Eko mengatakan pengembangan BUMDesa, misalnya dapat melakukan pola kerjasama dengan pihak lain seperti BRI dan BNI, sehingga warga desa tak perlu jauh-jauh ke kota.

Selain itu, lanjut kata Eko, BUMDes juga dapat mengelola desa wisata, sehingga dapat mendorong peningkatan pendapatan ekonomi dan kesejahteraan warga Desa.

"Contohnya Desa Ponggok, Desa Kutuh dan Desa Pujon Kidul, bisa meraup pendapatan asli desa yang tinggi hanya karena berhasil mengelola potensi wisatanya", katanya.

Terkait penyerapan Dana Desa di Bengkulu, terutama Kab. Bengkulu Utara, Eko sangat  mengapresiasi capaiannya hingga 90 % lebih. Hanya saja, lanjutnya masalah konektifitas antar wilayah di desanya yang menjadi salah satu perhatian dan kepedulian Mendes Eko, masih perlu didorong lebih lanjut sehingga dapat mendukung peningkatan ekonomi lokal Desa.

“Karena itu, saya akan menghubungi kementerian terkait agar memperhatikan konektivitas ini,” tegas Mendes.

Mendes berharap agar Desa mengoptimalkan pemanfaatan Dana Desa di Bengkulu sesuai kebijakan yang ada dan dilaksanakan sesuai hasil musyawarah Desa. Selain itu, Eko juga menyarankan pihak Desa dapat mengoptimalkan kerja sama dengan lembaga lain seperti Bulog, BRI dan BNI atau swasta seperti PT. Prima dalam rangka meningkatkan ekonomi warga Desa.

Terkait inovasi Desa, Mendes Eko berharap agar proses pembelajaran inovasi melalui TPID dan Pendamping Desa dapat dimaksimalkan lagi sehingga Desa-desa lebih inovatif dalam pemanfaatan Dana Desa.

Menurut salah satu TPID, Imsawa, selama ini pihaknya telah memproduksi sekitar 377 video pembelajaran inovasi desa. Video tersebut diharapkan bisa dijadikan bahan atau referensi pembelajaran inovasi desa dalam kegiatan perencanaan pembangunan Desa yang nantinya mempercepat pembangunan dan pemberdayaan SDM untuk kesejahteraan masyarakat, katanya.
(Borni/Ar/Icham/Yl)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Menteri Desa, Eko Putro Sandjojo Peduli Bengkulu

Terkini

Topik Populer