terkini















Bupati Enos Terima Gelar Kanjeng Raden Tumenggung Dari Keraton Surakarta.

2/16/23, 19:08 WIB Last Updated 2023-02-16T12:08:15Z


Bupati OKU Timur,MA- Ir. H. Lanosin diberikan kepercayaan oleh Keraton Surakarta atau lengkapnya Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat untuk mendapatkan gelar kehormatan yaitu Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) berlangsung di Sasana Narendra, Keraton Surakarta Hadiningrat, Rabu Malam (15/02/2023).


Pemberian gelar kehormatan KRT kepada Bupati Ir. H. Lanosin, ST diberikan oleh Susuhunan Surakarta ketiga belas atau Raja Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningkrat, Paku Buwono (PB) XIII Sri Susuhunan Ingkang Sinuhun (SSIKS) yang diserahkan oleh Prameswari Dalem Gusti Kanjeng Ratu Paku Buwono.


Pihak keraton menyematkan gelar kepada Bupati OKU Timur dengan nama KRT Ir. H. Lanosin Joyodipuro, ST Selain Bupati Enos, penghargaan juga diterima oleh Ketua ISCB Sumsel sekaligus Ketua KORMI Sumsel Hj. Samantha Tivani, B.Bus dengan gelar Kanjeng Mas Tumenggung (KMT).


Pemberian gelar itu bukan tanpa alasan, sebab Kanjeng Raden Tumenggung merupakan gelar kehormatan bagi tokoh maupun pemimpin yang diyakini keraton mampu berkarya serta mengolah budaya hingga menjaga keragaman.


Pada kesempatan itu Bupati Enos terlihat memakai pakaian beskap lengkap dengan blangkon dan keris, didampingi sang istri dr. Sheila Noberta, SpA. MKes, Wakil Bupati OKU Timur HM Adi Nugraha Purna Yudha, SH, Staf Khusus Bupati, Kepala OPD dan Kepala Bagian di Lingkungan Pemkab OKU Timur. Prosesi pemberian anugerah gelar berlangsung secara khidmat dan sakral.


Bupati Enos mengatakan dirinya tidak menyangka mendapat undangan dari Keraton Surakarta dalam rangka pemberian gelar tersebut, menurutnya ini merupakan amanah yang harus dijalankan terutama dalam hal adat budaya dan keberagaman di Indonesia umumnya dan di Kabupaten OKU Timur khususnya.


"Matur Nuwun. Ini adalah tanggung jawab besar dan ini bukan sekedar gelar saja, namun sebuah kepercayaan dari Keraton yang harus terus dijalankan, baik semasa memimpin suatu daerah maupun secara pribadi. Gelar ini juga tidak terlepas dari dukungan dan partisipasi masyarakat OKU Timur dalam mengatasi budaya serta menjaga keberagaman", ujarnya.


Bupati Enos juga mengungkapkan bahwa gelar tersebut akan ia jadikan motivasi dan semangat dalam membangun OKU Timur Maju Lebih Mulia. Seperti diketahui OKU Timur merupakan Kabupaten dengan adat budaya, suku dan agama yang beragam, disatukan dalam semboyan Sebiduk Sehaluan.


Tim Diskominfo

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bupati Enos Terima Gelar Kanjeng Raden Tumenggung Dari Keraton Surakarta.

Terkini

Topik Populer