terkini















Bupati Enos & Wabup Yudha Hadiri Panen Raya Padi Kerjasama Petani Desa Sumber Jaya dan PT. Agricon Indonesia.

2/21/23, 18:29 WIB Last Updated 2023-02-21T11:29:25Z


Pemerintah Kabupaten OKU Timur,MA- melalui Dinas Pertanian bersama PT. Agricon Indonesia yang bekerja sama dengan petani Desa Sumber Jaya Belitang II mengadakan acara panen raya padi yang dihadiri oleh Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin dan Wakil Bupati H.M. Adi Nugraha Purna Yudha, S.H., Senin, 20 Februari 2023.


Dalam acara tersebut, hadir Direktur PT. Agricon Indonesia, Ketua Perhiptani Sumsel, Kepala Dinas Pertanian, Kepala BPS OKU Timur, Pimpinan Bank Sumsel Babel Martapura, Staf Khusus Bupati, Ketua KORMI OKU Timur, Perwakilan Polres, Perwakilan Kodim 0403, Kepala OPD dan Camat, Koordinator BPP, Penyuluh Pertanian dan Kelompok Tani.


Acara diawali dengan panen raya yang dilakukan langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati OKU Timur bersama Forkopimda, baik menggunakan alat manual maupun menggunakan mesin Combine. Di sela acara panen dipertunjukkan juga demo penyiraman produk dari Agricon ke lahan padi menggunakan Drone, dilanjutkan dengan acara seremonial.


Salah satu pemilik lahan padi yang dipanen, Prapto mengatakan, "Sudah 3 musim kami pakai produk dari Agricon ini, Alhamdulillah ada peningkatan dari sebelum pakai produk Agricon dan sesudah pakai. Kemudian harga yang lebih terjangkau sehingga biaya produksi turun selisih 300 sampai 400rb dari sebelumnya", ungkapnya di hadapan Bupati dan Forkopimda.


Dalam laporannya, Kepala Dinas Pertanian Junadi, S.P., M.M. mengatakan, "Dari data statistik 2022 Luas Panen mencapai 108.141 Ha, produktifitas 6,38 Ton/GKG, IP 1,99 Ton/GKG, Produksi 689.678 Ton/GKG atau 811.385 Ton/GKP, Produksi mengalami kenaikan 20% dari Tahun 2021. Target 2023 Luas Panen 133.893 Ha, Produktifitas 6,45 Ton/GKG, Produksi 863.609 Ton/GKG atau 1.016.000 Ton/GKP", jelasnya. 


Junadi juga menuturkan, "Acara hari ini kita panen padi kerjasama PT. Agricon Indonesia dengan Petani Desa Sumber Jaya, Belitang II seluas 0,5 Ha yang ditanam pada 18 November 2022 lalu dengan perlakuan Produk Spontan untuk membasmi hama penggerek barang padi dan Produk Inari untuk menaikkan bobot (produksi) padi", ungkapnya.


Sementara itu Direktur PT.Agricon Indonesia Hermawan Siswanto mengatakan, "Petani Indonesia perlu meningkatkan produksi dan hasil pertanian serta menghilangkan resiko gagal panen, Maka kami hadir bersama petani dengan motto kami yaitu AGRICON UNTUK PETANI dengan tujuan membantu petani dalam meningkatkan produksi dan mengatasi hama", tegasnya.


Usai memberikan bantuan benih padi kepada petani, Dalam sambutan dan arahannya Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin mengutarakan harapannya untuk para petani agar dapat meningkatkan produksi pertanian, baik Gabah Kering Panen (GKP) maupun Gabah Kering Giling (GKG).


"Semoga ini mendapatkan keberkahan dari Tuhan yang Maha Esa. Cita-cita saya ingin produksi pertanian di OKU Timur ini mencapai 1 juta ton gabah kering panen, ini hampir tercapai dengan hasil produksi 800 ribu GKP. Untuk meningkatkan produksi tersebut, yang pertama harus memperluas lahan pertanian, lahan yang bisa dibuka untuk sawah harus dibuka, kemudian eningkatkan hasil produksi dari sawah yang teknisnya sudah berjalan", ujarnya.


Menurut Bupati Ir. H. Lanosin, "Dengan bekerjasama dengan Agricon Indonesia petani dapat meningkatkan produksi sekitar 1 ton per hektar dan penurunan biaya produksi sekitar 300 ribu sampai 400 ribu per hektar, maka ini salah satu pilihan terbaik saat ini. Ini sudah dibuktikan oleh petani-petani kita yang panen hari ini", pungkasnya. 


Tim Diskominfo.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bupati Enos & Wabup Yudha Hadiri Panen Raya Padi Kerjasama Petani Desa Sumber Jaya dan PT. Agricon Indonesia.

Terkini

Topik Populer