terkini

Rugikan Negara Rp 354 Juta, Mantan Kades di OKU Timur Jadi Tersangka Korupsi Dana Desa

3/01/23, 12:48 WIB Last Updated 2023-03-01T05:48:06Z


OKU Timur,MA-Mantan oknum kepala Desa Negeri Ratu Baru, Kecamatan Bunga Mayang, OKU Timur jadi tersangka korupsi Dana Desa (DD).

Hal itu terungkap saat Polres OKU Timur mengadakan Press Release, Selasa (28/2), yang di pimpin Kabag OPS Kompol Alex Andrian didampingi Kasat Reskrim AKP Hamsal, Kanitidik 3 Pidkor IPDA Heriyanto SE.

Dalam keterangan nya, Kompol Alex Andrian menyebutkan Oknum mantan Kades periode 2014-2020 berinisial CW (50) ini merugikan negara sebesar Rp 354.353.601,41. Hal itu karena hasil pembangunan yang tidak sesuai RAB.

”Unit Pidkor berhasil mengungkap tindak pidana korupsi di Kabupaten OKU Timur tepatnya dana desa di Desa Negeri Ratu Baru tahun 2017-2018,”katanya.

Ungkap kasus pidana korupsi tersebut berkat laporan dari masyarakat. Kemudian Unit Pidkor Polres OKU Timur melakukan penyelidikan.

”Hasil penyelidikan ditemukan beberapa penyimpangan. Kemudian kita lakukan penetapan tersangka atas nama oknum Kades Desa Negeri Ratu Baru,”ujarnya.

Dikatakan, pada saat penetapan tersangka sudah didapat terlebih dahulu yaitu perhitungan kerugian negara yang dilakukan oleh BPKP dengan PKN  dengan jumlah Rp 354.353.601,41.

”Untuk unsur-unsur sudah terpenuhi. Pagi ini kita akan laksanakan tahap dua oleh anggota unit Pidkor ke Kejari OKU Timur,” jelasnya.

Kemudian, Lanjut Alex, dari tangan tersangka dilakukan beberapa barang penyitaan diantaranya Nota, Stempel Dokumen, Rekening Koran, Rekening Desa.

”Fungsi dari barang bukti ini merupakan alat membantu melancarkan aksi tersangka untuk melakukan tindak pidana korupsi,”bebenya.

Akibat ulahnya, tersangka dikenakan Pasal 2 dan pasal 3 tentang tindak pemberantasan korupsi dengan ancaman hukuman minimal 4 tahun dan maksimal 20 tahun penjara.

”Ancaman 4 sampai 20 tahun penjara,”pungkasnya.(Lam)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Rugikan Negara Rp 354 Juta, Mantan Kades di OKU Timur Jadi Tersangka Korupsi Dana Desa

Terkini

Topik Populer