terkini

Film Dokumenter Kampung Boneka Cikampek Angkat Ekonomi Kreatif

11/22/22, 10:10 WIB Last Updated 2022-11-22T03:10:36Z
Karawang, MA - Pembuatan film dokumenter Kampung Boneka Cikampek merupakan dokumen visual yang bertujuan untuk memberikan informasi dan edukasi para pengusaha yang bergerak di bidang ekonomi kreatif tersebut. 
Demikian diungkapkan Sutradara dan Ketua Komunitas Film Cikampek Supriyatna saat dihubungi, Selasa (22/11/2022). 

Menurut Supriyatna yang sering disapa Uprun, Film dokumenter tersebut hanya berdurasi 15 menit. 

"Pada dasarnya film dokumenter ini mempresentasikan kenyataan dalam kehidupan," paparnya. 
Dalam film dokumenter Kampung Boneka Cikampek tersebut, sang sutradara Kampung Boneka Cikampek itu menyebut, mengkisahkan dari sejarah awal pembuatan boneka di kampung Mekarjaya, Desa Cikampek Utara, Kecamatan Kotabaru, Kabupaten Karawang hingga populer menjadi julukan Kampung Boneka Cikampek dan destinasi wisata belanja. 

"Di sini diungkap sejarah awal terkait para perajin boneka dari proses pembuatan boneka, ragam karakter dan transaksi penjualan pedagang boneka dengan konsumen," ujarnya. 

Alur film dokumenter Kampung Boneka Cikampek itu, berawal di 1980-an pembuatan boneka dengan karakter boneka ucal-uncalan (rusa) terbuat dari bahan jerami di balut karung goni. Boneka ucal-uncalan tersebut dipasarkan ke Jakarta dan Tangerang sehingga sampai booming. 

Namun ketika Kabupaten Karawang berkembang menjadi daerah industri, para perajin beralih membuat bahan boneka memanfaatkan limbah kain dari pabrik tekstil. 

Sekitar 1990-an boneka yang terbuat dari kain dengan karakter boneka Panda sempat booming dan saat itu mendapat penghargaan Upakarti dari Presiden Soeharto. 

Tokoh masyarakat sekaligus perajin dan pelaku ekonomi kreatif di bidang industri rumahan Edi Tarmudi, S.E mengapresiasi dan menyambut baik Kampung Boneka Cikampek dijadikan film dokumenter. 

"Ini pertama kali Kampung Boneka Cikampek diangkat menjadi sebuah film dokumenter. Hal ini tentunya berguna sekali untuk menambah pengetahuan sejarah berdirinya Kampung Boneka Cikampek sehingga mampu mendongkrak perekonomian warga sekitar yang rata-rata  perajin boneka mata sebagai mata pencaharian,"ungkap Edi. 

Dia menjelaskan, saat ini warga Mekarjaya lebih dari 300 KK yang terlibat dalam usaha industri rumahan tersebut. 

"Mudah-mudahan dengan adanya pembuatan film dokumenter Kampung Boneka Cikampek ini lebih terkenal lagi. Semakin terkenal tentunya orang ingin banyak tahu sekaligus bertransaksi menyebarkan pemasaran boneka ke seluruh wilayah Indonesia," harapnya. 

Seperti diketahui, saat ini Kampung Boneka Cikampek merupakan destinasi wisata belanja yang populer di Kabupaten Karawang. Pada 2019 Kampung Boneka Cikampek tersebut meraih penghargaan juara tiga dari Anugerah Pesona Indonesia (API) untuk kategori destinasi wisata belanja popular dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). (Dbrong)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Film Dokumenter Kampung Boneka Cikampek Angkat Ekonomi Kreatif

Terkini

Topik Populer