terkini

Akhirnya, Satelit Merah Putih Mengangkasa

8/09/18, 13:23 WIB Last Updated 2018-08-09T09:32:23Z
Satelit Merah Putih ( sumber : youtube )
Orlando, Media Advokasi - Satelit Merah Putih akhirnya mengudara tepat pukul 01.18 waktu Amerika Serikat (07/08/18), tepuk tangan dan sorak sorai membahana di Cape Canaveral, Florida tempat peluncurannya.

Adalah Falcon 9, roket setinggi 70 meter itu yang mengangkut satelit Merah Putih menuju titik orbitnya di angkasa

Penerbangan ini memakan waktu setengah jam, apabila sudah melebihi setengah jam barulah kita dapat mengetahui apakah peluncuran satelit Merah Putih sukses atau tidak

Roket Falcon 9 dengan tinggi 70 meter ini memiliki berat 5,8 ton dan terdiri dari 3 komponen yang semuanya sudah utuh menjadi satu kesatuan bersama satelitnya



Dalam waktu setelah 2 menit roket bagian 1 akan lepas dan kemudian dilanjutkan roket bagian 2.
"Roket kedua itu akan terus sampai menuju ketinggian 500 km, setelah itu satelit dilepas" terang Hendra Gunawan, Koordinator Proyek Satelit Merah Putih kepada wartawan di Orlando, Amerika Serikat.

Setelah satelit lepas akan ada proses orbit rising dan memakan waktu hingga 11 hari. Orbiting rising adalah proses mencapai ketinggian geostastioner di 36 ribu kilometer di atas permukaan Bumi.

Slot orbit tersebut masih kosong sehingga satelit Merah Putih dapat menempatinya. Satelit ini pun akan menjalani uji coba kurang lebih 30 hari. (red.nt)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Akhirnya, Satelit Merah Putih Mengangkasa

Terkini

Topik Populer