terkini

Setiap tahunnya, Hari Buruh Internasional (May Day) diperingati setiap tahunnya pada tanggal 1 Mei. Ini adalah aksi yang selalu dilakukan oleh buruh atau kelas pekerja.

5/01/23, 19:07 WIB Last Updated 2023-05-01T12:07:26Z


Penajam,MA-Ketua Exco Partai Buruh Kabupaten penajam paser utara Nurdin ,yang juga ketua serikat Buruh sejahtra independen'92 (SBSI'92)  memberikan tanggapannya di Hari Buruh Internasional saat ini. Ia mengatakan bahwa pada peringatan hari buruh kali ini hanya menekankan pada komitmen perusahaan dalam menyuarakan kesejahteraan buruh atau pekerja dengan tetap memerhatikan hak-hak pekerja.


“Secara umum, sama. Semangatnya bagaimana buruh ke depan menjadi sejahtera. Bukan hanya dituntut kewajibannya tapi juga diperhatikan hak dan kewajibannya,” kata nurdin saat dihubungi oleh Media ini, Senin (1/5/2023).


Ia menambahkan bahwa buruh juga dituntut agar semakin dapat berpikir kritis kepada perusahaan agar tidak semakin tertindas.


“Kami memperjuangkan hak pekerja dengan meninjau kembali Perjanjian Kerja Bersama (PKB) semaksimal mungkin. Ya, termasuk hubungannya dengan undang-undang baru yakni Cipta Kerja dengan memproteksi dalam PKB yang menurut kami krusial dan harus disepakati di PKB,” jelasnya.


Sementara itu, Sekretaris Exco Partai Buruh Kabupaten penajam paser utara Edy Triasno Basri   mengatakan bahwa ada enam tuntutan dari Buruh / pekerja   


Berikut ini enam tuntutan yang disampaikan Partai Buruh dalam aksi Hari Buruh atau May Day hari ini:


1.Menuntut pencabutan aturan Omnibus Law Cipta Kerja;


2. Mencabut Parliamentary Threshold empat persen dan Presidential Threshold 20 persen;


3. Menuntut pengesahan RUU Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (PRT);


4. Menolak RUU Kesehatan;


5. Menuntut reforma agraria dan kedaulatan pangan;


6. Penghapusan outsourcing dan tolak upah murah.


Wartawan:Nrd.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Setiap tahunnya, Hari Buruh Internasional (May Day) diperingati setiap tahunnya pada tanggal 1 Mei. Ini adalah aksi yang selalu dilakukan oleh buruh atau kelas pekerja.

Terkini

Topik Populer