terkini

Lawan Istri di Pilkades Serentak, Rabidin Limbong Menang Telak di Aceh Singkil

Pujo
10/22/23, 18:32 WIB Last Updated 2023-10-22T11:33:08Z



Aceh Singkil-mediaadvokasi.id
Pasangan suami istri (Pasutri) di Desa Takal Pasir Kecamatan Singkil, Kabupaten Aceh Singkil bertarung dalam kontestasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). Pasutri itu ialah Rabidin Limbong dan Rabiah Bancin


Rabidin Limbong berada pada nomor urut 1, sedangkan istrinya bernama Rabiah berada di nomor urut 2. Berdasarkan hasil rekapitulasi, perolehan suara Rabidin unggul jauh diatas istrinya sendiri.


Rabidin yang merupakan mantan Kepala Dusun (Kadus) di Desa tersebut, memperoleh suara sebanyak 354 sedangkan istrinya, Rabiah hanya memperoleh suara 33.


Rabidin Minggu (22/10) mengatakan, sejak awal dibukanya proses pendaftaran calon kepala desa setempat tidak ada satu orang pun calon yang mendaftar, selain dirinya yang mendaftar Pilkades tersebut. 

Berdasarkan aturan, calon kepala desa tidak  boleh maju sendirian alias melawan kotak kosong. Alhasil, bagi desa yang hanya memiliki satu calon kades terpaksa harus menggandeng suami, istri atau anggota keluarganya agar tetap bisa maju dalam pilkades.


"Mungkin ini sudah kehendaknya Allah SWT, akhirnya saya bertarung di Pilkades serentak 2023 ini dengan ibu (istri) sebagai pendamping lawan calon,"ujar Rabidin


Pria yang berusia 44 tahun dan memiliki 5 orang anak itu menjelaskan, pencalonan sang istri tersebut guna melengkapi administrasi untuk menghindari calon tunggal.


"Ya jadi ini sebagai syarat administrasi karena Perbup tidak boleh kotak kosong aturannya seperti itu. Pendaftaran ibu setelah beberapa kali di buka pendaftaran, namun tidak ada yang daftar,"jelasnya.


Lebih jauh Rabidin mengatakan, dalam Pilkades serentak 2023 ini, warga sangat antusias untuk menggunakan hak pilihnya meskipun suasana banjir. 

"Alhamdulillah, warga sangat antusiaslah datang ke TPS untuk menggunakan hak pilihannya tadi,"ujarnya. 


Sementara Ketua panitia pemilihan Kades atau Keuchik (P2K) Desa Takal Pasir, Kecamatan Singkil Aceh Singkil Bainudin mengatakan, untuk calon kepala Desa di Takal  Pasir ini sudah dibuka sejak 4 sampai 24 Agustus 2023.

"Artinya, ada selama 21 hari lah P2K membuka pendaftaran, tetapi hingga batas waktu yang ditentukan tidak ada seorang pun yang mencalon, kecuali Rabidin dan istrinya," ungkapnya. 

Meskipun begitu, lanjut Bainudin, pelaksanaan Pilkades ini berjalan dengan aman, damai dan tidak ada terkendala sedikitpun. 

"Alhamdulillah, proses pemungutan suara di Desa Takal Pasir ini berjalan dengan aman dan damai," sebutnya. 



Sekedar diketahui, yang melaksanakan pilkades serentak di Aceh Singkil tersebut ada sebanyak 49 desa yang tersebar di 11 kecamatan di Aceh Singkil. Tempat pemungutan suara dipusat di satu titik di masing-masing desa. (Jack).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Lawan Istri di Pilkades Serentak, Rabidin Limbong Menang Telak di Aceh Singkil

Terkini

Topik Populer