terkini

M. ZACKY JADI PAHLAWAN, DENGAN BERHASIL MENGHADIRKAN EMAS BAGI SUMBAR, SETELAH MENUNGGU 20 TAHUN!

11/16/23, 12:49 WIB Last Updated 2023-11-16T05:49:34Z


SUMBAR,MA - Pada pergelaran Minangkabau Cup 2018, M. Zacky bersama Alfiyah Kahfi, merupakan pemain termuda yang berada dalam skuat Lengayang, yang ketika itu di bidani oleh coach Il Wahyudi. 


Kiper asal Lakitan, Pessel, ketika tampil di MKC 2018 masih berusia sangat muda (14 tahun). Tapi, dengan tinggi 184 cm, posturnya paling menjulang diantara para pemain Lengayang. 


Setelah MKC, bakat Zacky terpantau oleh pelatih kiper SKO Sumbar, coach King Prima, yang notabene, merupakan mantan kiper Pespessel di divisi II Liga Indonesia. 


Bersama SKO Sumbar, permainannya terus berkembang, yang membuat namanya sempat dipanggil seleksi timnas U-19. Pasca ditempa di SKO Sumbar, Zacky pergi "Merantau" Ke tanah Jawa, untuk bergabung dengan tim EPA Persik Kediri. 


Kemudian, dilanjutkan dengan bergabung bersama Belitong FC, yang tampil di Liga 3. Di klub asal Babel, Zacky bersaing ketat dengan Geri Kapoh dan Haviz Fauzan, yang sekarang bermain untuk Sulut United dan Persela. 


Kesempatan pulang kampung akhirnya datang! Pada musim 2022-2023, dia resmi memperkuat Semen Padang, sebagai deputi dari Samuel Reimas dan Iqbal Bachtiar. 


Musim ini kontraknya tidak diperpanjang oleh Semen Padang. Namun, rezekinya ada bersama tim Porwil Sumbar. Selama ajang Porwil, Zacky tampil on fire bersama tim Tuah Sakato.


Sejak babak knock-out (gugur), gawangnya selalu perawan, dengan raihan dua clean sheet, ketika bertemu Lampung (semifinal) dan Riau (final). 


Begitu juga dalam drama adu penalti! Zacky jadi pahlawan Sumbar, dengan memblok dua penalti pemain Riau, untuk memastikan emas di bawah pulang ke ranah Minang. 


Uniknya, emas terakhir yang berhasil diraih Sumbar di cabang sepak bola, adalah 20 tahun lalu, di Porwil 2003, Lampung, atau seumuran dengan usia Zacky (20 tahun). 


Banyak kiper tampil cemerlang di PON, kemudian sukses berkarir di Liga Indonesia, seperti Teja Paku Alam, yang merupakan role model bagi kiper asal Pessel, seperti M. Zacky, Ikram Alghiffari, Fariz Kurnia, Meuthio Pauriza dan Valent Apselva.


Begitu juga dengan Porwil 2023 dan PON 2024 sendiri, bisa jadi batu loncatan bagi Zacky, karena perjalanan karir kiper jangkung (187 Cm) masih sangat panjang di sepak bola Indonesia. 


Nama Lengkap: Muhammad Zacky

Tanggal Lahir: 1 November 2003

Tempat Lahir: Bandar Lampung, Indonesia

Tinggi: 187 Cm

Posisi: Kiper

Kaki Terkuat: Kanan 


KARIR KLUB

-Lengayang

-SKO Sumbar

-Persik U-19

-Belitong FC

-Semen Padang


PRESTASI

-16 Besar MKCI II 2019

-Runner up Menpora cup 2019

-Juara Porwil Sumatera 2023.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • M. ZACKY JADI PAHLAWAN, DENGAN BERHASIL MENGHADIRKAN EMAS BAGI SUMBAR, SETELAH MENUNGGU 20 TAHUN!

Terkini

Topik Populer