terkini

Aceh Singkil Banjir Lagi ke Empat Kalinya

Pujo
12/03/23, 14:22 WIB Last Updated 2023-12-03T07:23:22Z


Aceh Singkil-mediaadvokasi.id 
Hujan dengan intensitas tinggi kembali memicu banjir terutama di Desa Takal Pasir, Kecamatan Singkil, Kabupaten Aceh Singkil.


"Banjir ini terjadi Minggu (3/12) sekitar pukul 01.30 Wib atau pada tengah malam tadi. Yang terdampak sebanyak 183 Kepala Rumah Tangga atau sebanyak 890 jiwa," Kata Keuchik Takal Pasir, Kecamatan Singkil, Aceh Singkil,  Rabidin Limbong. Minggu (3/12). 



Menurut Rabidin, banjir yang melanda pemukiman penduduk di desanya tersebut, merupakan banjir yang ke empat kalinya di tahun 2023.


"Ini banjir yang ke empat kalinya yang terjadi sepanjang tahun 2023, bahkan yang lebih parah karena selain ketinggiannya mencapai 1,8 meter, air juga datang sacara tiba-tiba pada saat masyarakat tertidur lelap," ujarnya. 


Akibat banjir ini, sebut dia, aktivitas warga banyak terganggu karena tidak tahu arus melakukan apa, sehingga banyak memilih untuk berdiam diri dirumah. 

"Warga terpaksa membuat jembatan mini dari kayu agar tidak basah ketika keluar atau masuk ke dalam rumah dan juga harus menggunakan perahu (Sampan). Dan ada juga yang meninggikan rumahnya dengan membuat lantai darurat dari kayu,"sebutnya.

Pantauan wartawan, Minggu (3/12), banjir  saat ini kembali menggenangi Desa Pulo Sarok bagian belakang, mulai dari Simpang Kompleks Perumahan BRR hingga ke arah jalan Dusun Bandes.

Banjir juga menggenangi beberapa lembaga pendidikan di ibu kota Aceh Singkil seperti Pondok Pesantrel Darul Ulum di Desa Pulo Sarok, MAN Singkil, MTsN Singkil, MIN Singkil, SMA 1 Singkil, dan SMK Muhammadiyah Singkil.

Selain itu, air juga terlihat merendam bangunan SMP Negeri 2 Singkil, SDN 2 Singkil, SDN Takal Pasir, SDN Kuta Simboling dan SDN Suka Makmur, Ujung Bawang dan SDN Rantau Gedang, pihak sekolah memilih untuk meliburkan para siswanya.


Banjir juga menggenangi pemukiman penduduk, Desa Pea Bumbung, Ujung Bawang, Rantau Gedang, Teluk Ambun dan Teluk Rumbia. 

Banjir juga merendam Kuta Simboling, Suka Makmur, Pemuka, Takal Pasir, Ujung, Desa Pasar dan Desa Pulau Sarok. Berdasarkan pantauan, air yang menggenangi pemukiman penduduk sudah mencapai dengkul orang dewasa.(jack)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Aceh Singkil Banjir Lagi ke Empat Kalinya

Terkini

Topik Populer