terkini

Mewakili Bupati Aceh Tamiang, SepriyantoMenghadiri Pelantikan Panwascan

Pujo
10/29/22, 19:09 WIB Last Updated 2022-10-29T12:09:58Z


Aceh Tamiang-mediaadvokasi.id Mewakili Bupati Aceh Tamiang, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Sepriyanto menghadiri pelantikan dan pengambilan sumpah/janji anggota panitia pengawas pemilihan kecamatan (panwascam) se-Kabupaten Aceh Tamiang pada pemilihan umum serentak tahun 2024. Bertempat di Aula Setdakab Aceh Tamiang, pasa Sabtu (29/10/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Sepriyanto katakan bahwa seleksi dan pelantikan para anggota Panwaslu Kecamatan merupakan salah satu yang harus dilalui dalam penyelenggaraan pemilihan umum serentak tahun 2024.

"Oleh karenanya, setiap anggota Panwaslu Kecamatan harus memiliki komitmen yang kuat menegakkan keadilan Pemilu melalui mekanisme pengawasan Pemilu dan memiliki wawasan yang luas dan siap bekerja keras.Harapan kami kepada anggota Panwaslu Kecamatan yang akan bertugas nanti, kiranya dapat melaksanakan tugas dan sebaik-baiknya pengawasan, penindakan terhadap pelanggaran pemilu hendaknya utamakan pencegahan bersifat memberikan pembinaan dan pemahaman pengawasan sesuai amanat UUD 1945. Sehingga pemilu dapat berjalan dengan baik dan pada hasil akhirnya dapat menghasilkan figur pemimpin sesuai dengan apa yang diinginkan oleh masyarakat," harapnya.


Sementara itu, sebelum dimulainya pelantikan tersebut, Said Mahdi selaku Ketua panitia, menjelaskan bahwa pelantikan saat ini merupakan hasil dari proses penyaringan yang dilakukan Panwas Aceh Tamiang secara terbuka.

"Tahapan pembentukan Anggota Panwascam ini sudah sejak dimulai 10 September 2022, dan hari ini 29 Oktober akan dilakukan pelantikan terhadap anggota terpilih. Setelahnya akan dilakukan pembekalan kepada anggota Panwascam yang berjumlah 36 orang yang terdiri dari 3 orang dari setiap Kecamatan yang mana akan bertugas mengawasi pemilu serentak pada tahun 2024 dengan tema bersama rakyat awasi pemilu, bersama Bawaslu tegakkan keadilan pemilu," jelasnya.

Selanjutnya arahan dari Imran selaku Ketua Panwaslih Aceh Tamiang yang menerangkan bahwa proses rekrutmen awal jumlah pendaftar sebanyak 460 orang dan setelah dilakukan berbagai tahapan seleksi terpilihlah 36 orang anggota saat ini.


Lebih lanjut dikatakannya bahwa Panwaslu ini adalah Lembaga yang tidak berpihak, dan berharap Panwaslu selalu berada pada tugas dan fungsinya.

"Kepada Panwascam yang terpilih semoga dapat mengemban tugas atau amanah yang telah di berikan. Selain itu, harus bersikap santun tidak boleh sombong dan dapat melakukan pembinaan dengan baik nantinya. Sehingga dapat menjalankan tugasnya pada Pemilu serentak tahun 2024 sesuai dengan yang kita harapkan," ujarnya.

Unsur Forkompimda Aceh Tamiang atau yang mewakili, Ketua Panwaslih Aceh Tamiang dan anggota, Ketua KIP Aceh Tamiang, Kepala Kesbangpol atau yang mewakili, Kasatpol PP, Kepala Disdukcapil atau yang mewakili, para Camat atau yang mewakili, serta tamu undangan lainnya.(Eri Efandi).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Mewakili Bupati Aceh Tamiang, SepriyantoMenghadiri Pelantikan Panwascan

Terkini

Topik Populer