terkini

Kembangkan Kurikulum Sekolah Islam Terpadu Al-Ukhuwah Subang, TIM Dosen FIK UPNVJ Kenalkan Pemrograman Mobile berbasis Android Kepada Guru dan Murid

5/17/23, 08:42 WIB Last Updated 2023-05-17T03:02:43Z
Subang, MA- Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) Fakultas Ilmu Komputer melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat yang bertajuk "Pengembangan Kurikulum Sekolah Islam Terpadu Al-Ukhuwah Subang: Pemrograman Mobile berbasis Android untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah". Kegiatan ini dilaksanakan di Sekolah Islam Terpadu Al-Ukhuwah Subang pada tanggal 16, 17, dan 19 Mei 2023.
Dalam rangka mendukung tridharma perguruan tinggi, UPNVJ melalui tim pengabdian masyarakat yang terdiri dari dosen-dosen berkualifikasi tinggi di bidang pemrograman mobile, melakukan kegiatan pengembangan kurikulum yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik para guru sekolah. Kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan pemrograman mobile berbasis Android sebagai salah satu pendekatan inovatif dalam pembelajaran.
Selama tiga hari, tim dosen UPNVJ bekerja sama dengan guru-guru di Sekolah Islam Terpadu Al-Ukhuwah Subang melakukan serangkaian kegiatan pengembangan kurikulum. Kegiatan ini meliputi pelatihan dan workshop pemrograman mobile berbasis Android yang diikuti oleh para guru. Mereka diberikan pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan teknologi mobile untuk meningkatkan proses pembelajaran di kelas.
Beberapa pemateri ahli dalam bidang pemrograman mobile berbasis Android turut berpartisipasi di dalam kegiatan ini, antara lain Nurhuda Maulana, Radinal Setyadinsa, Bambang Tri Wahyono, I Wayan Rangga Pinastawa dan Rio Wirawan. Dalam pelatihan tersebut, mereka memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada para guru dalam pengembangan aplikasi Android, desain antarmuka pengguna (UI), bahasa pemrograman Java, dan proses pembuatan apk untuk menjalankan aplikasi yang telah dibuat di handphone. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi pedagogik para guru sekolah dan memperluas penggunaan teknologi dalam pembelajaran.
M Bayu Wibisono, S.kom., MM, Selaku Ketua tim pelaksana pengabdian masyarakat dari UPNVJ, menjelaskan pentingnya pengembangan kurikulum ini dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru sekolah. "Pemrograman mobile berbasis Android memberikan peluang baru dalam pendidikan. Dengan memanfaatkan teknologi ini, guru dapat mengembangkan metode pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik bagi para siswa," ujarnya.
Sementara itu, kepala Sekolah SMPIT Al-Ukhuwah Subang, Fajar Guna Wibawa, S.Pd. Gr, menyambut baik kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen UPNVJ. Ia berharap bahwa pengembangan kurikulum ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi para guru dalam meningkatkan kompetensi mereka dalam hal penggunaan teknologi dalam pembelajaran.
Dengan berjalannya kegiatan pengembangan kurikulum ini, UPNVJ berharap bahwa para guru di Sekolah Islam Terpadu Al-Ukhuwah Subang dapat menerapkan pemrograman mobile berbasis Android dalam proses pembelajaran mereka. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah tersebut serta memberikan dampak positif dalam peningkatan kompetensi pedagogik guru.(Galih) 
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kembangkan Kurikulum Sekolah Islam Terpadu Al-Ukhuwah Subang, TIM Dosen FIK UPNVJ Kenalkan Pemrograman Mobile berbasis Android Kepada Guru dan Murid

Terkini

Topik Populer