terkini

Usai Shalat Subuh Berjamaah Bersama CJH , Bupati Dan Kepala Kemenag Lepas Jemaah Haji Pesisir Selatan.

6/19/23, 14:41 WIB Last Updated 2023-06-19T07:41:46Z


Kab.Pessel, MA - Usai melaksanan shalat subuh, Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Pesisir Selatan yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 16 secara resmi dilepas oleh Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar di Masjid Akbar Baiturrahman Painan, Senin (19/6/2023).


Suasana haru tampak menyelimuti pelepasan jemaah haji yang diberangkatkan menggunakan tiga armada bus menuju Asrama Haji Embarkasi Padang.


Dalam sambutan Bupati Rusma Yul Anwar didampingi Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pesisir Selatan berpesan agar para Calon Jemaah Haji (CJH) selalu menjaga kesehatan dalam pelaksanaan haji, menjaga kebersamaan dan berdoa untuk kemajuan Pesisir Selatan dan jika ada kesulitan dalam beribadah, konsultasikan kepada para petugas pembimbing ibadah. 


Pihaknya juga berharap, seluruh Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Pesisir Selatan dapat menunaikan ibadah haji dengan baik, mendapat kemudahan dan kelancaran. Semoga setelah kembali ke tanah air, para jemaah mendapat keberkahan bagi diri, keluarga, dan masyarakat. 


”Selamat menunaikan ibadah haji. Jaga kesehatan, fokus ibadah. Semoga seluruh jemaah haji mendapatkan haji mabrur, dan tetap sehat sampai kembali ke tanah air. Saya juga menitip doa untuk Kabupaten Pesisir Selatan agar semakin maju dan semakin sukses," ucap Rusma Yul Anwar.


Bupati juga meminta Kepada petugas yang menyertai jemaah haji,  untuk memberikan pelayanan terbaik kepada Calon  Jemaah Haji Kabupaten Pesisir Selatan.


Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan, Abrar Munanda mengawali laporannya mengajak seluruh jemaah mengucapkan kalimat talbiyah.


Kakan Kemenag mengatakan, para jemaah telah mendapat bimbingan dan pembekalan sebagai kesiapan untuk menunaikan ibadah haji, mulai dari manasik haji. Para jemaah juga diberikan berbagai perlengkapan seperti kacu, payung jendela hati, serta buku panduan pelaksanaan haji.


"Buku ini akan berguna bagi jemaah untuk menambah pengetahuan terkait pelaksanaan haji, mulai dari jadwal keberangakatan sampai tiba dan melaksanakan ibadah di tanah suci," kata Abrar 


Kemudian selama penyelenggaraan ibadah haji kata Abrar Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan akan memantau setiap harinya perjalanan ibadah jemaah melalui program Siti Haji dengan menggunakan aplikasi zoom.


Abrar Munanda melaporkan bahwa jemaah haji Pesisir Selatan berjumlah 117 orang ditambah 1 orang Petugas Kloter dan ditambah 5 orang jemaah haji cadangan yang tergabung dalam kloter 17.


Berdasarkan jenis kelamin, jemaah haji terdiri dari 47 laki-laki dan 69 perempuan. Jemaah tertua berusia 93 atas nama Nurma, asal Kecamatan IV Jurai. Adapun jemaah haji termuda berusia 23 tahun atas nama Muhammad Iqbal, asal dari Kecamatan Ranah Pesisir.


Jemaah haji asal Kabupaten Pesisir Selatan bersama dengan jemaah haji asal Kabupaten Pasaman dan Kota Padang yang tergabung dalam kloter 16 berjumlah sebanyak 385 dengan 5 petugas kloter dan 3 Petugas Haji Daerah (PHD).


Menurut jadwal akan diterbangkan dari Bandara Internasional Minang Kabau (BIM) menuju Bandara King Abdul Aziz Jeddah menggunakan pesawat Garuda Air Lines pada Selasa dini hari 20 Juni 2023.


Pelepasan jemaah haji tersebut ditandai penyerahan bendera dari bupati kepada Petugas Haji Daerah, Refri yang merupakan Kabag Kesra Kabupaten Pesisir Selatan.


Hadir dalam pelepasan jemaah, Forkopimda, Kepala OPD terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Kasi dan Penyelenggara, Kepala KUA, Ormas, Ketua IPHI Kabupaten Pesisir Selatan, Pimpinan Bank Penerima Setoran BPIH, KBIH Kabupaten Pesisir Selatan, serta keluarga jemaah haji. (Arief Wisa).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Usai Shalat Subuh Berjamaah Bersama CJH , Bupati Dan Kepala Kemenag Lepas Jemaah Haji Pesisir Selatan.

Terkini

Topik Populer