terkini

Ribuan Wisatawan Ramaikan Festival Pulau Banyak Aceh Singkil

Pujo
7/05/23, 17:02 WIB Last Updated 2023-07-05T10:02:23Z

Singkil-mediaadvokasi.id
Ribuan wisatawan dari Aceh Singkil, Banda Aceh, Aceh Barat, Sumatra Utara, Batam dan daerah lainnya, antusias meramaikan pembukaan Festival Pulau Banyak tahun 2023.

Festival Pulau banyak itu, di buka langsung oleh Pj, Bupati Aceh Singkil, Marthunis, Selasa (4/6) malam di Lapangan Bola, Desa Pulau Balai, Kecamatan Pulau Banyak, Kabupaten Aceh Singkil. 

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Aceh Singkil H Mujni mengatakan, pada festival Pulau banyak ini, ada seribu orang lebih pengunjung yang ikut berpartisipasi meraikan even Festival Pulau Banyak Kabupaten Aceh Singkil tahun 2023, dalam upaya menggerakan pariwisata dan ekonomi daerah.


“Ada sekitar seribu lebih lah peserta maupun wisatawan dari Aceh Singkil, Banda Aceh, Aceh Barat, Sumatra Utara, Batam dan daerah lainnya  yang ikut meramaikan event ini,"kata Mujni  Rabu (5/7). 

Dalam event Festival Pulau Banyak ini, lanjut Mujni, ada beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan. Diantaranya, jalan santai, video competition, restorasi manggrove, festival penyu, tourism, gathering, beach cleaning, jungle tracking dan Pulau Banyak fair yang akan diisi oleh pelaku usaha di Pulau Banyak.

"Kegiatan ini dilaksanakan untuk mendorong terciptanya pariwisata dan ekonomi kreatif Aceh Singkil yang maju, berdaya saing, berkelanjutan serta mengedepankan kearifan lokal, sesuai visi dan misi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," ucap Mujni. 


Sementara Pj Bupati Aceh Singkil, Marthunis mengatakan, jika Pulau Banyak ini kita ingin sukses dan dikenal orang, masyarakat Pulau Banyak harus santun dan memberikan 7 Sapta Pesona.

Tujuh Sapta Pesona itu yaitu, berikan kesan, beri keamanan dan kenyamanan bagi wisatawan, harus tertib, jaga kebersihan, berikan kesejukan dan tidak ada konflik. Kemudian, keindahan dan keramah-tamahan, serta berikan kenangan kepada wisatawan.

"Jika 7 Sapta Pesona ini dijaga Insyaallah wisatawan akan kembali berkunjung dan mengajak wisatawan lainnya,” kata Marthunis.

Mari kita sukseskan event ini dengan cara santun dan bermartabat, sesuai dengan tema even Festival Pulau Banyak tahun 2023.

"Karena, Pulau Banyak ini merupakan anugerah bagi Aceh Singkil dan Provinsi Aceh. Tentunya anugerah dan nikmat ini harus dipromosikan. Sesuai dalam isi ayat Al Qur’an Surat Ad Dhuha, sehingga nikmat Allah ini harus dikabarkan dan dipromosikan, sebut Marthunis.

Mudah-mudahan upaya kita bersama ini dapat meningkatkan jumlah pengunjung yang datang setiap tahunnya. Berhasil tidaknya pariwisata intergantung kepada wisatawan yang sudah datang dan menyiarkan kepada orang lain.“Jangan sampai yang sudah datang bilang Pulau Banyak tidak keren, maka harus kita jaga dan sambut dengan sebaik-baiknya,”pungkasnya.(Eri Efandi).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ribuan Wisatawan Ramaikan Festival Pulau Banyak Aceh Singkil

Terkini

Topik Populer