terkini

Menjelang Lebaran Ketersediaan Bahan Pangan di Cilacap Cukup

4/03/24, 01:24 WIB Last Updated 2024-04-02T18:24:35Z


Cilacap, MA -   Jelang lebaran Ketersediaan bahan pangan di Kabupaten Cilacap  Insya Allah aman dan semua tersedia. 


"Harga-harga  mudah-mudahan tidak melambung seperti kemarin yang melambung sangat tinggi, sekarang sudah relatif ada penurunan," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Dishanpa) Kabupaten Cilacap, Sigit Widayanto, Selasa (2/4/2024). 


Ia menambahkan, seperti harga telur yang awalnya Rp 33 ribu per kilogram, sekarang sudah turun dikisaran Rp 27 ribu per kilogram.


Menurut Sigit, beras juga sudah turun. Bantuan beras untuk penerima sudah mulai jalan lagi. Kemudian Gerakan Pangan Murah masih dilaksanakan, baik tingkat kabupaten maupun di masing-masing wilayah kecamatan yang ada di kabupaten Cilacap. 

 "Mudah-mudahan dengan upaya-upaya itu ketersediaan bahan pangan di tengah masyarakat tidak perlu eforia, kemudian boros pangan. Itu yang perlu dijaga," tandasnya. 


Ia mengingatkan agar masyarakat makan seperti biasa saja. Tidak perlu boros pangan, dan mudah-mudahan (hemat pangan) bisa terjadi. 


Ditanya kenapa komoditas bisa turun, Sigit mengatakan yang menentukan barang itu naik turun kan berlaku mekanisme pasar. Kalau permintaan banyak, barangnya sedikit ya otomatis barangnya mahal. Permintaan sedikit, barangnya banyak maka akan murah. 


"Seperti beras, karena panennya mundur kemudian barangnya agak susah sehingga harganya naik," ucapnya. 


Sekarang, katanya, alhamdulillah di bulan-bulan ini semua tersedia, dan bulan April mulai panen raya, sehingga beras cukup. "Mudah-mudahan ini bisa turun normal kembali," tutupnya. (D'Pour).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Menjelang Lebaran Ketersediaan Bahan Pangan di Cilacap Cukup

Terkini

Topik Populer