terkini







DI DUGA LIMBAH MEDIS PUSKESMAS BUMINABUNG DI BUANG SEMBARANGAN

5/21/24, 14:46 WIB Last Updated 2024-05-21T07:46:06Z


LAMPUNG TENGAH, MEDIA ADVOKASI, pusat kesehatan masyarakat ( puskesmas) merupakan fasilitas pelayanan kesehatan terdepan dengan berbagai fungsinya yang merupakan lembaga pertama dan utama dalam memberikan pelayanan pemenuhan hak kesehatan masyarakat. 


Puskesmas buminabung yang berlokasi di wilayah desa buminabung ilir, kec, buminabung, kab, lampung tengah, di duga membuang limbah medis sembarangan. 

Pembuangan limbah medis sembarangan dapat berdampak pada masyarakat di sekitarnya. 


Pada jum'at (17/5/24), Us (50) salah seorang warga masyarakat setempat memberikan informasi kepada awak media bahwa di lokasi pembuangan sampah Puskesmas buminabung banyak limbah medis berserakan yang membahayakan. 

Setelah mendapat informasi tersebut awak media langsung menuju lokasi tempat di mana limbah medis Puskesmas berada, 

Dan benar saja di lokasi tersebut banyak ditemukan sampah limbah medis yang tidak seharusnya berada di tempat itu. 

Banyak botol bekas obat bahkan ada botol yang masih menyisakan obat yang tidak habis dibakar, dan mirisnya lokasi tersebut berada di samping jalan umum, di mana setiap hari aktifitas warga setempat melewatinya. Dari kondisi lokasi pembuangan sampah puskesmas buminabung yang awak media lihat, Di duga kelalaian ini sudah sejak lama terjadi


Kemudian awak media berusaha mengkonfirmasi kepala UPTD Puskesmas Bumi nabung namun pada saat itu kepala UPTD bumi nabung tidak bisa ditemui karena masih ada kepentingan. 


Saat di konfirmasi, senin, (20/5/24), kepala uptd puskesmas buminabung, sdr Ns. Harry Nusantara, S. Kep, mengatakan kepada awak media" kami mohon maaf itu memang kelalaian dari petugas kami" bahkan kepala UPTD Puskesmas buminabung mengatakan tempat pembuangan sampah di situ memang sudah lama dari sebelum saya menjabat di sini, saya di sini kan baru 4 bulan, jadi belum bisa maksimal untuk melakukan pembenahan, sebenarnya kami memang sudah bekerja sama dengan pihak ketiga untuk pengelolaan limbah medis Puskesmas, dan saat ini kami juga masih melakukan perbaikan terkait tempat pembuangan sampah, dan untuk masalah limbah medis ke depan akan kami prioritaskan keamanannya begitu ucapnya. 


Dari temuan tersebut, diharapkan kepada dinas-dinas terkait khususnya kepada kepala dinas Kesehatan Lampung Tengah untuk lebih ketat pengawasannya terhadap fasilitas kesehatan yang ada di Lampung Tengah, sampai berita ini di turunkan kepala dinas terkait belum bisa d hubungi. (Hpk).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • DI DUGA LIMBAH MEDIS PUSKESMAS BUMINABUNG DI BUANG SEMBARANGAN

Terkini

Topik Populer