terkini

Menyongsong Sosok Ideal Ketua Paguyuban Kepala Desa (PKD) Bahurekso Kendal Mendatang

7/08/24, 18:05 WIB Last Updated 2024-07-08T11:05:05Z


KENDAL | Mediaadvokasi.id
- Dalam ilmu manajemen, menetapkan pemimpin adalah bagian sangat penting bagi kelangsungan suatu organisasi.


Hampir semua konsep tentang manajemen menyatakan bahwa Keberhasilan atau kegagalan suatu organisasi sangat bergantung pada siapa yang memimpin. 


Bahkan, ada jargon yang menyatakan lebih baik dipimpin orang yang baik, dan mampu, walau aturan manajemen dan organisasinya kurang baik.


"Daripada memiliki aturan organisasi yang baik tapi dipimpin oleh orang yang tidak baik karena orang yang tak baik selalu bisa memanipulasi aturan, betapa pun baiknya aturan itu," Ucap salah satu Kades di Kecamatan Weleri.


Hal itu juga berlaku bagi kelangsungan Paguyuban Kepala Desa Bahurekso (PKD) Kabupaten Kendal yang pada tahun 2024 ini kepengurusannya akan demisioner.


Menyikapi suksesi kepemimpinan pada puncak organisasi tersebut, beberapa tokoh sudah mulai mempersiapkan diri, maju atau dimajukan oleh masing-masing wilayah Kecamatan.


Beberapa kandidat telah mempersiapkan diri dengan membentuk Tim sukses, dan melakukan pendekatan ke masing-masing kecamatan, guna memperkenalkan diri.


"Di setiap kepengurusan Kecamatan, sudah melakukan seleksi terhadap para kandidat, dan sekarang masih terus dilakukan pendalaman terhadap track record masing-masing kandidat," ucap salah satu Kades di Kangkung.


Terkait dengan kriteria sosok yang dicari guna menahkodai PKD Kab. Kendal kedepan, awak media ini mewawancarai salah satu tokoh PKD, yaitu Didik Hariawan SH.,MH., Kades Bojonggede Kecamatan Ngampel.


Menurut Didik, menjadi pemimpin organisasi, bukan sekadar jabatan prestise, tetapi merupakan tanggung jawab besar yang diharapkan mampu melindungi, mengayomi, dan mensejahterakan para anggota,


"Bukan yang punya sifat like and dislike terhadap anggota," Jabar Didik.


Menjadi seorang pemimpin, lanjut Didik, yang baik itu tidak hanya sekadar tekad atau ambisi yang tinggi, lebih dari itu, pemimpin sejati haruslah didukung sejumlah kriteria tertentu yang didapat dari proses yang panjang dan konsisten.  


"Lalu, apa saja kiranya kriteria ideal bagi seorang pemimpin? Terlepas dari beberapa persyaratan dalam tata tertib pemilihan nantinya, inilah kriteria ideal seorang pemimpin," terang Didik.


1. Punya Manajemen yang Baik.

2. Punya strategi dalam bertindak.

3. Mampu berkomunikasi dengan dan efektif.

4. Tidak lepas tangan, tapi bertanggung jawab.

5. Punya tujuan yang jelas dan konsisten untuk mencapainya.


Mendapatkan pemimpin sempurna bukanlah hal mudah dan instan. 

Harus di latih secara terus-menerus atau konsisten sehingga dapat menjadi sebuah kebiasaan.(Khozin)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Menyongsong Sosok Ideal Ketua Paguyuban Kepala Desa (PKD) Bahurekso Kendal Mendatang

Terkini

Topik Populer