terkini

KAWAL HAK PILIH LEWAT PROGRAM KEHUMASAN

Pujo
6/01/23, 19:44 WIB Last Updated 2023-06-01T12:45:55Z
Aceh Tamiang–mediaadvokasi.id 
Untuk mengawal hak pilih masyarakat dalam Pemilu 2024 mendatang, panwaslih Kabupaten Aceh Tamiang melakukan peningkatan pemahaman jajarannya dalam bidang Dokumentasi dan Publikasi.

Koordinator Divisi (Kordiv) Hukum, Pencrgahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat (HP2H) Panwaslih Aceh Tamiang, Lindawati, M.Pd menyebutkan, Dukumentasi dan publikasi serta Kehumasan harus ditingkatkan fungsinya dalam rangka penyebar luasan informasi dan pendidikan publik bagi masyarakat, terutama berkaitan dengan hak pilih.

Masyarakat harus melek dan mengetahui terkait data pemilih, apakah telah terdaftar, belum terdaftar, pemilih ganda dan bagaimana prosedurnya jika pindah alamat atau mengajukan sanggahan jika belum terdaftar atau terjadi data ganda.

Hal tersebut harus menjadi tugas kehumasan, dalam pemberian informasi dan pelayanan bagi masyarakat pemilih, karena yang kita inginkan tentu semua masyarakat yang punya hak pilih bisa memilih dalam pemilu nanti, dan partisipasi pemilihpun meningkat.

Disisi lain ada beberapa titik kerawanan dalam data pemilih ini yang lerlu diawasi dan disosialisasikan, kerawanan tersebut misalnya data pemilih di Lapas, Daerah perbatasan, kaum disabilitas dan termasuk kelompok minoritas dan marginal. Titik rawan ini menjadi fokus pengawasan kami, karena kita harus memastikan Pemilu tanpa diskriminasi.

Lindawati juga mengingatkan bahwa menghilangkan hak pilih seseorang, menjadi joki dalam pemilihan dan manipulasi data adalah pelanggaran pemilu dan ada sanksi pidananya.

Dalam Kegiatan Rapat koordinasi kehumasan bagi jajaran, staf yang dilaksanakan di Hotel Morilisa, 01-06-2023 juga menghadirkan Muhammad Hanafiah atau Bang Agam, seorang jurnis senior dan wartawan Harian Waspada sebagai nara sumber yang membekali peserta dengab materi dasar jurnalistik, tekhnis pendokumentasian dan publikasi serta pemanfaatan media publikasi.

dari kegitan inj peserta diharapkan bisa memiliki pemahaman dan kemampuan dalam penyajian informasi yang aktif, cepat dan akurat, disisi lain yang terpenting adalah imformasinya harus menarik, konten-kontenya mendidik dan informatif, serta peningkatan penggunanan semua platform media sosial, tutup Lindawati saat membuka kegiatan tersebut.(Eri Beo).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • KAWAL HAK PILIH LEWAT PROGRAM KEHUMASAN

Terkini

Topik Populer