terkini

Kapolres Muaro Jambi AKBP Wahyu Bram S.H., S.I.K., M.I.K. menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2024

4/03/24, 15:45 WIB Last Updated 2024-04-03T08:45:24Z



MUARO JAMBI,MA - Dalam rangka Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2024 Pada Rabu 3 April 2024  bertempat di Lapangan Apel Polres Muaro Jambi telah dilaksanakan Kegiatan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2024 yang dipimpin oleh Kapolres Muaro Jambi AKBP Wahyu Bram, S.H., S.I.K., M.I.K.

Turut Dihadiri langsung oleh Sekda Kabupaten Muaro Jambi Budhi Hartono, S.Sos., M.T.
Para Kabag, Kasat, Kasi, dan Kapolsek Jajaran Polres Muaro Jambi.
Kadishub Kab. Muaro Jambi Muhammad Taufik Hidayat, S.T
Kadis Kesehatan Kab. Muaro Jambi Afif, S.K.M., M.K.M.
Danramil 415-05/Sengeti Kapten Inf Mujiono
Kasat Pol PP dan Damkar Kab. Muaro Jambi Drs.Indra Gunawan, MH.
Sekretaris BPBD Kabupaten Muaro Jambi Dodi Dorista.
Kasi Pidum Kejaksaan Negri Muaro Jambi Oktarini Prinati, SH MH.
Panitera Pengadilan Negeri Sengeti Kelas II Kahfi A. Lutfi, S.H.
Ketua Senkom Kab. Muaro Jambi H. Wawan serta para Personil Polres Muaro Jambi.
Personil Kodim 0415/Jambi.
Personil Satpol PP dan Damkar Kab. Muaro Jambi.
Personil Dinas Perhubungan Kab. Muaro Jambi.
Personil Dinas Kesehatan.
Personil BPBD Kab. Muaro Jambi.
Personil Senkom Kab. Muaro Jambi.
Personil BPTD Kab. Muaro Jambi.

Kapolres Muaro Jambi AKBP Wahyu Bram, S.H., S.I.K., M.I.K. mengatakan pihaknya langsung turun melakukan pengecekan pasukan di masing-masing Perwakilan di berikan penyematan pita tanda operasi menghadap pimpinan apel.

Kapolres Muaro Jambi AKBP Wahyu Bram, S.H., S.I.K., M.I.K menyampaikan Apel gelar pasukan ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2024 sebagai komitmen nyata si ergisitas TNI-Polri dengan stakeholder terkait pengamanan mudik dan perayaan hari raya idul Fitri 1445 Ηijriah tahun 2024

Berdasarkan survei Indikator kepuasan masyarakat atas penyelenggaraan dan penanganan arus mudik tahun 2023 mencapai 39,5% atau meningkat 15,7% dibanding tabul 2022, Hal ini merupakan wujud apresiasi masyarakat atas kerja keras kita bersama yang harus dipertahankan dan ditingkatkan dalam pengamanan arus mudik dan balik tahun ini.

Sebagaimana kita ketahui bersama, berdasarkan survei Kemenhub RI tahun 2024 diperkirakan terdapat potensi pergerakan masyarakat sebesar 193,6 juta orang atau meningkat 56,4% dibandingkan tahun 2023, Berkaitan hal tersebut, Presiden Joko Widodo menekankan bahwa "Mudik tahun ini adalah mudik yang akan sangat besar sekali, kenaikannya 56 persen dibanding tahun yang lalu, Total yang akan mudik 190 juta pemudik tahun ini kurang lebih, ini dari survei, oleh sebab itu, saya mengimbau, mengajak masyarakat untuk mudik lebih awal."

Untuk menjawab tantangan ini, TNI-Polri bersama stakeholder terkait melaksanakan Operasi Terpusat dengan sandi "Ketupat 2024" yang melibatkan 155.165 personel, selama 13 hari dari tanggal 4 April s/d tanggal 16 April 2024, Operasi ini telah diawali KPKD tanggal 28 Maret s.d. 3 April 2024 dan akan dilanjutkan pasca operasi tanggal 17 s.d. 23 April  2024.

Dalam operasi ini, telah dipersiapkan 5.784 pos, yang terdiri dari 3.772 pos pengamanan, 1.532 pos pelayanan, dan 400 pos terpadu, dalam rangka pelayanan dan pengamanan utamanya pada jalur-jalur rawan kemacetan, kecelakaan, kriminalitas dan bencana alam, serta di pusat-pusat keramaian. Tentunya, pos-pos yang digelar harus mampu memberikan *pelayanan prima dan pengamanan optimal.

Polri bersama dengan Kementerian Perhubungan dan Kementerian PUPR kembali mengeluarkan Surat Keputusan Bersama tentang Pengaturan Lalu Lintas Jalan serta Penyeberangan Selama Masa Arus Mudik dan Arus Balik Angkutan Lebaran 2024/1445 Η.

Untuk itu Kebijakan ini diharapkan mampu mendukung keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran, dan kenyamanan arus lalu lintas melalui pengaturan operasional angkutan barang, Sistem One Way dan Contra Flow, penerapan ganjil genap, ketentuan penyeberangan, delaying system dan buffer zone, hingga penundaan proyek konstruksi, pahami dan implementasikan SKB ini secara presisi di lapangan, serta sosialisasikan kepada masyarakat.
Disamping kam

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kapolres Muaro Jambi AKBP Wahyu Bram S.H., S.I.K., M.I.K. menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2024

Terkini

Topik Populer