terkini

8 Inovasi Jawa Barat di Ajang Innovative Government Awards 2020

11/07/20, 12:56 WIB Last Updated 2020-11-07T05:56:01Z
Bandung, MA- Delapan inovasi dari Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat ikut serta dalam ajang Innovative Government Awards (IGA) 2020 yang digelar Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (RI). 

Gubernur Jawa Barat, Mochamad Ridwan Kamil, memaparkan secara langsung delapan inovasi tata kelola pemerintahan daerah asal Jawa Barat tersebut kepada para dewan juri IGA 2020 melalui konferensi video dari Gedung Pakuan, Kota Bandung. 

Delapan inovasi tersebut yakni: (1) Sistem Perencanaan dan Penganggaran yang Terintegrasi antara Pemerintah Daerah Provinsi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota se-Jawa Barat dan Pemerintah Pusat (Si Rampak Sekar); (2) Tunjangan Remunerasi Kinerja (TRK); (3) Samsat Mobile Jawa Barat (Sambara); (4) Desa Digital; (5) Sistem Informasi Peta Peruntukan Lahan Perkebunan (Si Perut Laper); (6) Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Jawa Barat (Pikobar); (7) Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-Cita (Sekoper Cinta); serta (8) Institut Pembangunan Jawa Barat (InJabar). 

Gubernur mengatakan, pihaknya terus mendorong lahirnya beragam inovasi demi merespons kebutuhan pelayanan publik kepada hampir 50 juta penduduk Jawa Barat.

“Satu hal yang kami reformasi di Jawa Barat adalah setiap tahun kami meminta satu OPD (Organisasi Perangkat Daerah) memberikan satu inovasi. Ada 50 OPD, maka minimal setahun sekali saya memanen 50 inovasi,” katanya.

Menurut Gubernur, beberapa inovasi yang akan kami tampilkan di IGA 2020 adalah hasil buah panen sistem reformasi kami, bahwa masing-masing OPD bisa memberikan kontribusinya.

"Inovasi bisa terwujud dari temuan masalah di lapangan. Untuk itu, meminta OPD di Jabar untuk melakukan observasi di lapangan, riset dan memaparkan kepada gubernur, sehingga setiap tahun kami memberikan Innovation Awards versi gubernur  kepada para OPD,” tuturnya. 

IGA oleh Badan Litbang Kemendagri RI sendiri bertujuan mengapresiasi inovasi pembangunan yang diterapkan oleh pemerintah daerah baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota di Indonesia. 

Ada lima kategori penghargaan yang akan diberikan dalam IGA 2020, yaitu: (1) Provinsi Terinovatif, (2) Kabupaten/Kota Terinovatif, (3) Kabupaten/Kota Terinovatif kategori daerah tertinggal, (4) Kabupaten/Kota Terinovatif kategori kawasan perbatasan, dan (5) Kabupaten/Kota Terinovatif kategori Provinsi Papua dan Papua Barat. Di 2019 lalu, Pemda Provinsi Jabar menyabet penghargaan Pemerintah Provinsi Terinovatif Peringkat 2. 

Sama seperti penyelenggaraan IGA sebelumnya, Menteri Dalam Negeri RI akan mengusulkan agar para pemenang IGA 2020 mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID) Bidang Inovasi Daerah kepada Menteri Keuangan RI. (yon/Parno)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • 8 Inovasi Jawa Barat di Ajang Innovative Government Awards 2020

Terkini

Topik Populer