terkini

Basarnas Cilacap Gerak Cepat Cari Pemancing yang Tenggelam di Pantai Logending

6/28/21, 10:48 WIB Last Updated 2021-06-28T03:48:25Z


Kebumen, MA
- Basarnas Cilacap menerima informasi atas hilangnya seorang pemancing yang dikabarkan tenggelam di Breakwater (pemecah ombak) Pantai Logending Desa Ayah, Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Basarnas Cilacap, I Nyoman Sidakarya mengatakan, pertama kali mendapatkan informasi tersebut pada Minggu (27/6/2021) pukul 10.30 WIB dari Mulyadi yang merupakan anggota Pos AL Logending regu piket yang tengah bertugas.

"Setelah mendapatkan informasi tersebut, selanjutnya kita langsung memberangkatkan satu regu untuk berangkat ke lokasi kejadian dengan waktu tempuh kurang lebih 90 menit dan jarak darat 53 kilometer," tambahnya.

Kejadian tersebut berawal pada Minggu (27/6) Pukul 09.30 WIB, tiga orang sedang memancing di pemecah ombak, tidak lama kemudian datang ombak besar yang langsung menghantam ketiga pemancing tersebut.

"Dua berhasil selamat sedangkan satu terbawa ombak dan tenggelam, saksi berusaha menolong korban dengan mengacungkan galah, namun galah tersebut terlalu pendek sehingga tidak sampai hingga korban pun akhirnya terbawa arus dan tenggelam," ungkapnya.

Setelah mengetahui kejadian tersebut, saksi kemudian langsung melaporkan ke SAR Lawet Perkasa dan diteruskan ke Pos AL Logending dan Basarnas Cilacap.

Kemudian pencarian dilakukan oleh Tim SAR Gabungan dengan melakukan pemantauan di sekitaran lokasi kejadian dan melakukan penyisiran menggunakan Perahu Jukung Katir. Namun sampai saat ini belum membuahkan hasil.

Korban diketahui bernama Sanrusdi (60) laki-laki Warga Kaliputri, Desa Mangunweni, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen.

Sedangkan saksi bernama Siman (36) laki-laki Warga Kecamatan Tambak, Kabupaten Banyumas dan Saiman (41) Warga Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen.

“Pencarian akan terus kita lakukan dengan penyisiran menggunakan Perahu Jukung Katir, Perahu Karet Basarnas dan Penyisiran sepanjang pantai dan pemantauan di pemecah ombak," kata Nyoman.

Unsur SAR Gabungan yang terlibat dalam usaha pencarian terdiri dari Basarnas Cilacap, Polair Logending, Pos AL Logending, Polsek Ayah, Koramil Ayah dan BPBD Kebumen.

Adapun dari SAR Lawet Perkasa, SAR Elang Perkasa, Tagana, Ubaloka, RAPI, Bagana, PMI Kebumen, Cilacap Rescue, SAR Jetis dan nelayan sekitar. (Pour)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Basarnas Cilacap Gerak Cepat Cari Pemancing yang Tenggelam di Pantai Logending

Terkini

Topik Populer