terkini

KNPI Akan Kirimkan Surat ke Jokowi untuk Copot Menpora Zainuddin Amali

9/29/21, 13:45 WIB Last Updated 2021-09-29T06:45:01Z

 


JAKARTA – Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI) akan mengirimkan surat kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk meminta agar dilakukannya reshuffle (perombakan) kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali. 

Ketua Umum DPP KNPI, Haris pertama, mengatakan, selama masa kepemimpinan Zainuddin Amali di Kemenpora, tidak ada satu pun kegiatan kepemudaan yang dilakukannya. “ Semua progam Menpora Zainuddin Amali tidak pernah satu pun yang berkaitan dengan kepemudaan,” ujar Haris, Rabu (29/9/2021).

Ditambahkan Haris, mantan Wakil Ketua Komisi VII di bidang energi, riset dan teknologi, dan lingkungan hidup itu juga tidak mempunyai prestasi yang membanggakan. Dia juga tidak mempunyai rekam jejak di bidang olahraga. Namun, namanya beberapa kali disebut dalam kasus korupsi.

Oleh karena itu, Haris meminta agar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membuka kembali kasus korupsi yang diduga melibatkan Zainuddin Amali. 

“Ada beberapa kasus yang melibatkannya, yang pertama, Zainuddin yang saat itu sedang menjabat sebagai Ketua DPD Golkar Jawa Timur pernah terseret dalam kasus suap Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar pada tahun 2013,” ujar Haris. 

Kemudian pada 2014, Zainuddin juga pernah diperiksa dalam penanganan perkara suap Kementerian ESDM yang melibatkan Menteri ESDM Jero Wacik. Saatt itu, dia diperiksa sebagai saksi untuk tersangka mantan Sekjen ESDM Waryono Karno.

“KNPI meminta hukum harus tetap ditegakkan, dan KPK harus tetap konsisten tidak tebang pilih dan berani layaknya seperti ketika menangkapi para tersangka koruptor lainya melalui OTT maupun penahanan lainnya. KPK harus kembali membuka kasus-kasus yang melibatkan Zainuddin ," pungkasnya.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • KNPI Akan Kirimkan Surat ke Jokowi untuk Copot Menpora Zainuddin Amali

Terkini

Topik Populer