terkini

Gaji Belum Dibayar, Puluhan karyawan PT Proteksindo Datangi Rumah Kades

10/12/21, 07:42 WIB Last Updated 2021-10-12T00:42:41Z
PALI, MA – Puluhan karyawan PT. Proteksindo Utama Mulia (PUM) Divisi I Sungai Ibul mendatangi kediaman Kepala Desa Sungai Ibul kecamatan Talang Ubi kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), hal ini di sampaikan oleh Dedi Ismanto selaku perwakilan karyawan  Minggu (10/10/21), sekitar pukul 22.00 WIB. Mereka kesal, karena sampai saat hak-hak karyawan yang menjadi kewajiban PT.PUM belum terpenuhi atau belum di bayarkan.

Dedi Ismanto, juga  mengatakan pihaknya meminta kepada Kepala Desa Sungai Ibul dapat membantu menyelesaikan permasalahan mereka pada pihak PT PUM semuai ini "Bertujuan ,agar kepala desa Sungai Ibul turut serta menyelesaikan permasalahan gaji kryawan yg belum di bayar sejak thun 2020 sampai sekarang  , THR selama 2 tahun ,uang makan natura,kompensasi kenaikan gaji,kompensasi denda keterlambatan gaji yang  belum di bayar sampai sekarang," tulisnya di pesan WhatsApp, Senin (11/10/21).

Menurut dia, PT. PUM tidak membayar iuran BPJS karyawan sehingga mereka tidak bisa menggunakan jaminan kesehatan melalui BPJS,Selain itu pihaknya juga  mendapat temuan bahwa PT. PUM tidak menyetor iuran BPJS ketenagakerjaan hinggah menunggak 250 juta rupiah," tuturnya.

Dedi jga menambahkan bahwa karena belum  mendapatkan hak mereka, pihaknya sudah mengaduhkan permasalahan ke Disnaker PALI, DPRD PALI, Disnaker Pengawas Prabumulih, Disnaker Provinsi Sumatera Selatan, Polda Sumatera Selatan,Bahkan menurut dia, pihaknya sudah dua kali melayangkan surat kepada Bupati PALI namun sampai saat ini belum mendapat tanggapan," jelasnya.

Bahkan , pihaknya akan melakukan aksi jika tuntutan mereka tidak diselesaikan pihak perusahaan,"Kami meminta kepada kades ,kalu prusahaan belum bisa membayar gaji kami ,dan tidak  menjelaskan status krja kami yang belum tau penyelesaian nya  atau status kami sebagai karyawan  sampai saat ini  ,kami akan menutup portal PT.PUM ,untuk menghentikan aktivitas  yang ada kebun  milik PT .PUM , sementara belum di bayar gaji karyawan th 2020 sampai sekarang," Dan "saya ,beserta kawan kawan  akan memortal gerbang PT.PUM mulai senin depan," imbunya.

Dan Dedi  juga  mengatakan bahwa  Kepala Desa Sungai Ibul akan segera menyampaikan permasalahan ini kepada manajemen PT. PUM,Menurut dia, Kepala Desa Sungai Ibul meminta waktu satu minggu mulai tanggal 11 Oktober 2021, jika tidak ada penyelesaian Kepala Desa Sungai Ibul mempersilahkan menyetop operasional perusahaan, dan Dia berharap agar Kepala Desa Sungai Ibul dengan secepatnya dapat mencari solusi permasalahan pihaknya.

"Karna sewajar nya kades ikut serta dalam permasalahan ini ,karna kades punya wewenang di  wilayah  PT.PUam beroprasi," tutupnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sungai Ibul Wahyudinia saat dihubungi membenarkan warganya yang bekerja di PT. PUM mendatangi rumahnya."Ya memang benar, malam kemarin mereka kesini," ujarnya.

Dijelaskannya, bahwa dirinya selaku pemerintah desa Sungai Ibul akan menindaklanjuti atas laporan karyawan PT. PUM. Pihaknya sudah menghubungi Plt. Manager PT. PUM bahwa ada karyawan perusahaan menyampaikan tuntutan hak-hak mereka.

Selain itu, Dirinya juga sudah menghubungi Kamtibmas Polsek Talang Ubi untuk meminta bantuan penyelesaian masalah  tersebut.(Yupantri)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Gaji Belum Dibayar, Puluhan karyawan PT Proteksindo Datangi Rumah Kades

Terkini

Topik Populer