terkini

Disdikbud Kabupaten Cilacap Luncurkan Majalah Siswa Cahya Widya

1/28/22, 19:13 WIB Last Updated 2022-01-28T12:13:20Z
Cilacap, MA -  Dinas Pendidikan Kabupaten Cilacap  luncurkan Majalah Siswa “Cahaya Widya”, sebagai bentuk Kreatifitas Guru dan Siswa dalam bidang menulis, di SMP Negeri 9 Kutawaru Cilacap Tengah Cilacap, Kamis (27/1/2022).

Dalam sambutanya, Sigit Kindarto ketua Komunitas Guru Menulis (K'GUM) menyampaikan bahwa Majalah Cahaya Widya akan menjadi alat media ekspresi bagi siswa SD dan SMP se-Kabupaten Cilacap, karena sebagian besar rubrikya adalah hasil tulisan para siswa.

Hal tersebut di maksudkan agar para siswa dapat mengekspresikan gagasan dan pemikirannya, yang dituangkan dalam bentuk karya tulis. Karena majalah ini, diperuntukan dari siswa oleh siswa dan untuk siswa.

“Sebagai majalah yang di peruntukan untuk siswa SD dan SMP, majalah Cahaya widya di harapkan dapat menginspirasi para siswa untuk giat menulis tentang apa saja yang menjadi gagasan dan pemikiran, sehingga siswa lebih menjadi kreatif dan gemar menulis, “ terang Sigit.

Sementara itu, Bupati Cilacap dalam kata sambutannya berpesan, saat ini orang yang sukses bukan hanya sekolahnya yang tinggi saja tapi bagaimana mempunyai kreatifitas dan in powerman, serta ide-ide dimana syaratnya satu, pendidikan, ke dua senang membaca, ke tiga gemar menulis istilahnya ( writing, reading, aktion).

“Kesuksesan seseorang bukan hanya bermodal pendidikan yang tinggi, tetapi juga dibarengi dengan kreatifitas dan kemampuan individu, untuk mencari ide dan gagasan cemerlang, selain itu juga di barengi dengan gemar membaca dan menulis, karena dari mebaca itu , akan terinspirsi dari apa yang dia baca, kemudian melakukan eksen ,atau menulis, untuk melakukan sesuatu yang dia inginkan," jlas Tatto.

Selanjutnya bagaimana para guru bisa membimbing para siswa yang mempunyai talenta dalam menulis buku atau cerita , biasakan dalam setiap kegiatan siswa untuk di tulis , berikan dukungan dan suport, untuk menulis apa saja, agar dalam setiap waktu mereka terbiasa mencatat apa yang sedang dan akan di lakukan, baik di lingkungan sekolah maupuni luar sekolah.

“Selain itu, para guru, juga harus dapat membimbing siswa siswinya, sehingga bisa menciptakan talenta- taleta dalam penulisan, baik itu buku cerita maupun buku ilmu pengetahuan dan penulisan lainya , jadikan program literasi sebagai kegiatan ekstra kulikuler di sekolah, karena dukungan dan suport, para guru sangat berperan penting untuk menghasilkan siswa- siswi pandai menulis, untuk bekal masa depan mereka meraih cita cita," imbuh bupati.

Sementara itu, kepala SMP Negeri 9 Cilacap, Agus Suprianto, mengucapakan  terima kasih, kepada  Bupati, Kepala dinas P dan K , dan rombongan yang telah berkenan hadir di SMP Negeri 9 Kutawaru Cilacap, untuk melihat langsung ,situasi sekolah sekaligus peluncuran majalah siswa Cahaya Widya.  

“Saya selaku kepala SMP Negeri 9 , mengucapkan banyak terima kasih atas kedatangan  Bupati dan rombongan, untuk meninjau langsung keberadaan sekolah kami," tutupnya. (Pour)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Disdikbud Kabupaten Cilacap Luncurkan Majalah Siswa Cahya Widya

Terkini

Topik Populer