terkini

Tingginya Kebutuhan Pupuk Di Bener Meriah

Pujo
4/20/22, 08:33 WIB Last Updated 2022-04-20T01:33:54Z
Redelong-mediaadvokasi.id
Bener Meriah, Aceh  sudah ditakdirkan Tuhan sebagai negeri yang indah, dihiasi hamparan dan pegunungan, merupakan kawasan pertanian dan perkebunan. Wajar di negeri subur dengan hasil alamnya yang melimpah ini, penggunaan pupuk disana terbilang tinggi.

Masyarakatnya yang mayoritas sebagai petani ini mengandalkan pupuk organik maupun non organik dalam mengembangkan usahanya. 

Tingginya penggunaan pupuk mengharuskan petani menyiapkan suplemen makanan tanaman ini. Namun pupuk bersubsidi tidak mampu memenuhi kebutuhan petani. Karena jumlah pupuk subsidi ini lebih sedikit dari kebutuhan petani.

Dampaknya petani harus membeli pupuk non subsidi dengan harga yang lebih mahal. Harga pupuk dipasaran naik dua kali lipat dari dari pupuk subsidi.

Menurut Syafri Riswandi, SKM, M.Si, menyebutkan, harga pupuk non subsidi  mengalami kenaikan. Berdasarkan survey pasar yang dilakukan oleh tim Disperindag pada minggu keempat bulan Februari Tahun 2022 ini.

Hasil survey pihaknya, harga pupuk dipasaran; KCL Rp. 535.000/Sak, NPK Rp. 670.000/sak, SP 36 Rp. 550.000/sak, Urea Rp. 500.000/sak dan ZA Rp. 400.000/sak. 

Kenaikan harga pupuk ini, menurut tim Disperindag Bener Meriah, berdasarkan informasi yang diterima dari distributor pupuk, disebabkan oleh pandemi covid-19 yang berakibat pada bertambahnya jumlah masa karantina, yang biasanya hanya 7 hari kini menjadi 21 hari, dan berdampak pada biaya pengangkutan kapal laut. 

Harga bahan baku pupuk yang tinggi ini, membuat kurangnya pasokan sehingga harga menjadi naik,” sebut Syafri riswandi, Kabid Perdagangan Disperindag Bener Meriah.

Upaya kedepannya Syafri Riswandi menyebutkan, pihaknya akan segera melalukan koordinasi lintas sektor pemerintah, agar membentuk tim khusus untuk pengawasan terhadap pupuk subsidi dan non subsidi. 

“Untuk pupuk yang bersubsidi kita akan mengupayakan penambahan kuota pupuk, sehingga jumlah penerima pupuk bersubsidi dapat bertambah dan penyalurannya tepat pada sasaran,” sebutnya.( Icuk )
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tingginya Kebutuhan Pupuk Di Bener Meriah

Terkini

Topik Populer