terkini

Bersama Tim Peneliti Dari UNILA Ketua Tanggamus Peduli Uji Coba Biochar Pada Tanaman Cacao

5/30/22, 19:17 WIB Last Updated 2022-05-30T12:17:08Z


Tanggamus, MA - Pencemaran tanah yang diakibatkan oleh pestisida dan herbisida akan berdampak langsung mengurangi tingkat kesuburan dan struktur tanah dan tentu saja akan berdampak langsung terhadap perkembangan tanaman yang akhirnya akan mengurangi jumlah produksi.


Ketua Tanggamus peduli Dedi Suparman  bersama kelompok tani makmur pekon Sidomulyo kecamatan air naningan dan tim peneliti dari Unila Rusdi evizal dosen bidang pertanian dan perkebunan membuat Biochar (arang)  guna untuk penelitian memperbaiki unsur tanah pertanian, Senin (30/5/2022).


Dedi Suparman menjelaskan penelitian yang menggunakan Biochar dicampur pupuk organik dan non organik yang akan di uji coba ke tanaman Cacao (cokelat) agar tanah nya tetap gembur dan subur.


"Tujuan utama dari pengolahan Biochar dari arang bekas kayu bakar yang dihaluskan dan dicampur pupuk ini untuk penggemburan tanah untuk melindungi unsur hara yang ada di tanah yang seiring waktu rusak akibat obat obatan kimia,” Terangnya.


Dedi juga mengatakan apabila uji coba nya berhasil akan mengembangkan hasil penelitian nya agar bisa berguna untuk para petani.


"Kita lihat dulu hasil nya nanti apabila berhasil akan kita kembangkan da n kita ajarkan ke kelompok tani lain nya", Tutup nya.(Indra)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bersama Tim Peneliti Dari UNILA Ketua Tanggamus Peduli Uji Coba Biochar Pada Tanaman Cacao

Terkini

Topik Populer