terkini

Bupati: Pemkab Aceh Tamiang Sap Membantu Jika Hewan Ternak Terindikasi Terserang Penyakit

Pujo
5/17/22, 12:15 WIB Last Updated 2022-05-17T05:15:36Z
Aceh Tamiang-mediaadvokasi.id
Bupati Aceh Tamiang, H. Mursil, SH. M.kn, dalam siaran langsung di TVRI acara Indonesia Bicara, menyampaikan agar, masyarakat Aceh Tamiang jangan panik dengan adanya PMK yang melanda ternak di Kabupaten Aceh Tamiang. (16/05/2022).

Pada Senin malam (16/05/2022).  Sesi ketiga Acara Live Indonesia Bicara di TVRI dengan tema Antisipasi Penyebaran Virus PMK diikuti secara Virtual oleh Bupati Aceh Tamiang dan menyampaikan laporan tentang penyebaran virus PMK di Kabupaten Aceh Tamiang, sampai saat ini jumlah ternak sapi yang sakit akibat virus tersebut adalah 3.485 ekor, yang mati 13 ekor, potong paksa 2, sedangkan untuk ternak kerbau hanya 2 ekor saja," jelasnya.

Setelah dilakukan penyuntikan dan berbagai hal penanganan oleh tim yang dibentuk khusus untuk penanganan Penyakit Mulut dan Kuku pada ternak, maka sampai saat ini jumlah sapi yang telah dinyatakan sembuh sebanyak 567 ekor. Ini menunjukkan bahwa penanganan penyebaran virus ini telah dilakukan dengan baik, harapannya ke depan lebih baik, sehingga penyakit ini bisa benar-benar hilang di Kabupaten Aceh Tamiang.

Bupati Mursil berpesan kepada masyarakat khususnya di Kabupaten Aceh Tamiang agar tidak panik, karena Pemkab Aceh Tamiang siap membantu jika ditemukan adanya gejala atau hewan ternak yang terindikasi terserang penyakit, agar segera dilaporkan untuk dilakukan tindakan penanganannya," harapannya.

“Masyarakat dan peternak diharapkan jangan panik menghadapi PMK ini, jangan sampai waktu ini dimanfaatkan oleh orang-orang yang akan mengambil keuntungan dengan membeli  sapi di bawah harga yang seharusnya, walaupun disadari bahwa  sekarang ini harga sapi di Kabupaten Aceh Tamiang sudah menurun hampir mencapai setengah dari harga standar. 

Mursil menambahkan,"  bahwa saat ini Pemkab Aceh Tamiang terus melakukan koordinasi dengan Pemerintah Aceh dalam hal menanggulangi penyakit PMK ini, semoga saja pemerintah Aceh dapat membantu sepenuhnya agar menganggarkan Dana Tanggap Darurat untuk membantu masyarakat Aceh Tamiang yang sapinya tidak dapat diselematkan akibat PMK ini. Terang Mursil saat ditanya langkah-langkah yang sudah diambil saat ini di Kabupaten Aceh Tamiang. (Eri Efandi)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bupati: Pemkab Aceh Tamiang Sap Membantu Jika Hewan Ternak Terindikasi Terserang Penyakit

Terkini

Topik Populer