terkini

Bupati Aceh Tamiang Mengikuti Acara Munas

Pujo
7/18/22, 14:36 WIB Last Updated 2022-07-18T07:36:58Z


Aceh Tamiang-mediaadvokasi.id
Bupati Aceh Tamiang, H. Mursil. SH. M.Kn, menghadiri dalam  kegiatan Munas bersama 160 kepala daerah kabupaten penghasil sawit lainnya dari seluruh Indonesia, Beliau terpilih menjadi pengurus Asosiasi Kabupaten Penghasil Sawit Indonesia (AKPSI) dalam Musyawarah Nasional AKPSI Ke–I, yang berlangsung di ABC International Stadium Ancol dan Hotel Mercure Ancol Jakarta, pada Sabtu (16/7/2022) siang.

Kabupaten Aceh Tamiang, mewakili Provinsi Aceh masuk jajaran pengurus tak terlepas dari presentasi data base yang telah dibuat dan dikirim ke pemerintah pusat beberapa waktu lalu. Data tersebut antara lain memaparkan secara rinci terkait permasalahan dan kendala yang dihadapi oleh petani.

Hingga akhirnya tim seleksi pusat memandang bahwa Kabupaten Aceh Tamiang, bersama Kabupaten Nagan Raya dan Aceh Selatan termasuk bagian dari daerah yang dianggap serius sehingga berhak di angkat dalam jajaran pengurus AKPSI.

Dalam prosesi pelantikan jajaran pengurus AKPSI terpilih masa bhakti 2022-2027 yang diketuai oleh Bupati Kabupaten Seruyan, Provinsi Kalimantan Tengah, Yulhaidir tersebut, dilakukan langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian pada Sabtu malam.

Dalam sambutannya Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengharapkan kepada jajaran pengurus yang baru dilantik agar dapat meningkatkan kesejahteraan petani sawit di Indonesia. Selain itu, Tito Karnavian juga berpesan kepada pengurus AKPSI agar segera menyusun berbagai program kerja sehingga organisasi tersebut dapat mengambil peran strategis dalam upaya menertibkan tata pengelolaan perkebunan sawit di Indonesia sehingga perekonomian masyarakat akan bangkit dan bergairah kembali.

Mendagri mengharapkan kepada pengurus yang terpilih untuk segera rumuskan langkah-langkah strategis terkait tata pengelolaan sawit terutama terkait anjloknya harga jual TBS saat ini, agar dapat normal kembali seperti kondisi harga beberapa bulan lalu.  Selain itu harapan Mendagri untuk melakukan pengawasan terhadap PKS yang ada di daerah agar tidak merugikan petani,” pesan Tito Karnavian.

Usai prosesi pelantikan, jajaran pengurus AKPSI yang baru langsung menggelar pertemuan tertutup dengan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Mendagri Tito Karnavian dan Menteri Perdagangan Perindustrian Zulkifli Hasan. Rapat yang berlangsung hingga larut malam itu, antara lain fokus membahas terkait anjloknya harga TBS Sawit yang kemudian berhasil dirumuskan langkah-langkah untuk menstabilkan kembali harga TBS Sawit tersebut dalam waktu dekat ini.(Eri Efandi).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bupati Aceh Tamiang Mengikuti Acara Munas

Terkini

Topik Populer