terkini

Kadis PDK Muaro Jambi Gelar Workshop untuk meningkatkan Literasi dan Numerasi Siswa.

11/28/22, 18:34 WIB Last Updated 2022-11-28T11:34:07Z


Muaro Jambi,MA-Bertempat di Shang Ratu Hotel Kota Jambi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muaro Jambi, Firdaus, SAg.MM gelar Workshop Literasi dan Numerasi, Selasa ( 22/11/2022).



Secara sederhana, numerasi dapat diartikan sebagai kemampuan untuk memahami konsep bilangan dan keterampilan operasi hitung dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, di rumah, di tempat kerja dan partisipatif dalam kehidupan masyarakat dan sebagai warga negara dan kemampuan mengungkap informasi kuantitatif yang ada di sekitar.



Turut hadir dalam giat acara ini, Kabid Pembinaan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muaro, M Sabki, S.Pd. dan beberapa guru SD yang berjumlah 80 orang yang terdiri dari 58 orang Guru Kelas, dan 22 orang Kepala Sekolah yang mewakili setiap Kecamatan.



Bertitik tolak dari hal tersebut, maka Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muaro Jambi perlu mengadakan workshop peningkatan Literasi Guru yang dalam hal ini guru pada Sekolah Dasar se-Kabupaten Muaro Jambi.



Disampaikan Firdaus, Tujuan dari kegiatan ini ialah untuk meningkatkan numerasi, yaitu kemampuan menganalisis bacaan serta memahami konsep di balik tulisan bagi siswa didik. Di sisi lain numerasi merupakan kemampuan untuk menganalisis menggunakan angka. 



"Tujuan umum gerakan literasi sekolah adalah menumbuhkan dan mengembangkan budi pekerti para peserta didik agar menjadi insan literat sepanjang hidup melalui ekosistem literasi yang dibangun dalam gerakan literasi sekolah, " terangnya. 



Lanjutnya " Dari pelaksanaan kegiatan workshop Literasi ini diharapkan peserta dapat meningkatkan kemampuan interpersonal, mempertajam diri di dalam menangkap makna dari suatu informasi yang sedang dibaca serta mengembangkan kemampuan verbal pendidik yang nantinya akan berimbas pada meningkatnya kemampuan Literasi Peserta Didik " tambah Firdaus.



"Kita berharap output dari workshop ini bisa meningkatkan literasi dan numerasi siswa di Muaro Jambi ke depannya," kata Firdaus. Tutupnya. (Bojes).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kadis PDK Muaro Jambi Gelar Workshop untuk meningkatkan Literasi dan Numerasi Siswa.

Terkini

Topik Populer