terkini

MENGAWASI KONTRAKTOR / PU KE PUSTU LANGGAI Media advokasi sumbar 10/01/ 2023

1/12/23, 15:41 WIB Last Updated 2023-01-12T08:41:05Z


PESSEL,MA - Hari ini Petugas Iventaris/ asset Syafridal Hengki,S.E mengawasi Kontrakor / Pu dalam Rangka Pengukuran Renovasi Pustu Langgai.


Puskesmas Pembantu (Pustu) merupakan jaringan pelayanan Puskesmas yang memberikan pelayanan kesehatan secara permanen di suatu lokasi dalam wilayah kerja Puskesmas. Puskesmas Pembantu merupakan bagian integral Puskesmas, yang harus dibina secara berkala oleh Puskesmas. Tujuan Puskesmas Pembantu adalah untuk meningkatkan jangkauan dan mutu pelayanan kesehatan bagi masyarakat di wilayah kerjanya.

Fungsi Puskesmas Pembantu adalah untuk menunjang dan membantu melaksanakan kegiatan yang dilakukan Puskesmas, di wilayah kerjanya. Peran Puskesmas Pembantu:


• Meningkatkan akses dan jangkauan pelayanan dasar di wilayah kerja Puskesmas.

• Mendukung pelaksanaan pelayanan kesehatan terutama UKM.

• Mendukung pelaksanaan kegiatan Posyandu, Imunisasi, KIA, penyuluhan kesehatan, surveilans, pemberdayaan masyarakat, dan lain-lain.

• Mendukung pelayanan rujukan.

• Mendukung pelayanan promotif dan preventif.


Pembangunan adalah hasil dari kegiatan dan program yang dibuat oleh pemerintah yang diperuntukkan bagi masyarakat untuk menunjang pencapaian kesejahteraan sosial, tujuan ekonomi sosial, demografi politik dan sebagainya dengan cara meningkatkan pembangunan. Sedangkan pelaksanaan yaitu sebagai cara atau strategi yang diarahkan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.


Pembangunan yang dilaksanakan haruslah diusahakan dan direncanakan secara sadar artinya pemerintah baik pusat maupun daerah harus memperhatikan pembangunan pedesaan demi tercapainya tujuan yang di harapkan.


Pembangunan yang dilaksanakan haruslah diusahakan dan direncanakan secara sadar artinya pemerintah baik pusat maupun daerah harus memperhatikan pembangunan pedesaan demi tercapainya tujuan yang di harapkan.


Untuk itu Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan terus berupaya meningkatkan pembangunan daerah, baik berupaya jalan maupun infrastruktur lainya yang tidak lain dan tidak bukan maksud dan tujuan nya adalah untuk kenyamanan masyarakatnya.


Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar telah mengangarkan di APBD tahun 2022 untuk pembangunan/rehab Puskesmas Pembantu yang berada di Kecamatan Sutera wilayah kerja Puskesmas Kayu Gadang lebih tepatnya di desa kahelaan Kabupaten Pesisir Selatan yang mana bahwa pembangunan pustu Langgai adalah salah satu upaya pendekatan jangkauan layanan kesehatan kepada masyarakat khususnya desa kahelaan dan sekitarnya di wilayah Kecamatan Sutera dan juga dapat di artikan ini merupakan salah satu cara pemenuhan fasilitas pelayanan kesehatan untuk mendekatkan akses pelayanan kesehatan, yang merupakan bagian dari faskes di wilayah kerja puskesmas kayu gadang.


Puskesmas Pembantu atau Pustu adalah jaringan dari pelayanan Puskesmas, yang bertugas memberikan pelayanan kesehatan secara permanen di suatu lokasi dalam wilayah kerja Puskesmas tersebut. Puskesmas Pembantu adalah bagian dari Puskesmas, yang dalam pembinaannya dilakukan secara berkala oleh Puskesmas.


Pustu itu segala pelayanan dasar kita laksanakan seperti kegiatan posyandu, imunisasi, KIA , surveilance, penyuluhan kesehatan, pembedayaan masyarakat, serta mendukung program promotif dan preventif.(Chan***).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • MENGAWASI KONTRAKTOR / PU KE PUSTU LANGGAI Media advokasi sumbar 10/01/ 2023

Terkini

Topik Populer