terkini

Dandim Hadiri Apel Gelar Pasukan & Rakor Operasi Keselamatan Seulawah 2023

Pujo
2/07/23, 11:21 WIB Last Updated 2023-02-07T04:21:51Z
Gayo Lues, Mediaadvokasi.id 
Dandim 0123/Gayo Lues Letkol Inf Krismanto, S. Pd menghadiri kegiatan apel gelar pasukan sekaligus mengikuti rapat koordinasi keselamatan seulawah 2023, Selasa (07/02/23) di Mapolres Gayo Lues.

Dalam Apel Gelar Pasukan & Rakor Operasi Keselamatan Seulawah 2023 Kapolres Gayo Lues bertindak sebagai inspektur apel. 

Kapolres Gayo Lues AKBP Efrianza, S.I.K dalam amanatnya menyampaikan, mencermati kondisi dan perkembangan gangguan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas di Provinsi Aceh selama tahun 2022, masih menunjukkan tingginya angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya.

Berdasarkan analisa dan evaluasi, tingginya angka kecelakaan lalu lintas dan pelanggaran yang terjadi selama ini disebabkan karena belum optimalnya budaya tertib dan keselamatan dalam berlalu lintas. Kondisi ini tentunya harus menjadi perhatian kita semua dan merupakan tugas berat polri, khususnya satuan lalu lintas beserta pemangku kepentingan lainnya untuk terus berinovasi dalam menekan angka kecelakaan lalu lintas, kata Kapolres.

Kita menyadari, masih kata Kapolres, dalam upaya mengatasi permasalahan bidang lalu lintas tersebut bukan hanya menjadi tanggung jawab polri, akan tetapi diperlukan partisipasi berbagai pihak/instansi pemerintah dan seluruh elemen dalam membina dan- memelihara keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas. 

Undang-undang no. 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan telah mengamanatkan kepada penyelenggara lalu lintas dan angkutan jalan, untuk memelihara :
1. mewujudkan dan keamanan, keselamatan dan kelancaran serta ketertiban berlalu lintas (kamseltibcarlantas);
2. meningkatkan kualitas keselamatan menurunkan tingkat korban kecelakaan lalu lintas;
3. membangun budaya tertib berlalu lintas; 
4. meningkatkan kualitas pelayanan publik. Terang Kapolres.

"Untuk mewujudkan kondisi yang diharapkan tersebut, sebut Kapolres, salah satu upayanya adalah dengan menggelar operasi kepolisian kewilayahan dengan sandi “keselamatan seulawah-2023”," kata Kapolres.

Operasi ini bersifat terbuka dan dilaksanakan dalam bentuk harkamtibmas lantas dengan kegiatan preemtif, preventif namun humanis dalam mengedepankan disertai persuasif rangka meningkatnya kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas guna meningkatkan simpati masyarakat terhadap polisi lalulintas. Kata Kapolres 

Kapolres melanjutkan, Operasi “keselamatan seulawah-2023” akan dilaksanakan selama 14 hari terhitung mulai tanggal 7 s.d 20 februari 2023, memiliki target sasaran meliputi segala bentuk potensi gangguan (pg), ambang gangguan (ag) dan gangguan nyata (gn) yang berpotensi menyebabkan kemacetan, pelanggaran lalulintas dan laka lantas baik sebelum, pada saat dan pasca operasi. 

Apel gelar pasukan ini dilaksanakan, masih kata Kapolres, dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel sehingga maupun sarana diharapkan pendukung kegiatan operasi lainnya, dapat berjalan dengan optimal dan dapat berhasil sesuai dengan target ditetapkan. 

Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Seulawah 2023 selain Dandim juga dihadiri oleh Kajari Gayo Lues Ismail Fahmi, S.H., Ketua Pengadilan Negeri Blangkejeren diwakili oleh Hakim PN Blangkejeren Wahyu Nopriandi, S.H. 

Ketua Mahkamah Syariah Gayo Lues, T. Swandi, S.H., M.H, Waka Polres Gayo Lues, Kompol Muhammad Rasyid, S.H, Danki 4 Batalyon C Gayo Lues, IPTU Faisal Naim, Dan unit AJU POM Gayo Lues, Serka Ali, Kasatpol PP Gayo Lues, Syabri, S.Pd, Kepala Dishub Gayo Lues, Nopal, Kepala Dinas Kesehatan, Riadussalihin, S.Km, Para PJU dan para Kapolsek.

Adapun Hasil Rapat koordinasi tersebut diantaranya Pelaksanaan Operasi Seulawah dimulai pada tanggal 07 Feb 2023 S.d tanggal 20 Feb 2023.
Bagi Pengguna Kendaraan agar melengkapi surat menyurat kendaraan dan mengikuti aturan lalu lintas.
Larangan menggunakan Hp pada saat Berkendaraan
4. Operasi Seulawah 2024 dilaksanakan secara persuasif.  

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dandim Hadiri Apel Gelar Pasukan & Rakor Operasi Keselamatan Seulawah 2023

Terkini

Topik Populer