terkini

BASARNAS Cilacap Gelar Pelatihan Medical First Redponder (MFR) Bagi Potensi SAR.

3/02/23, 14:03 WIB Last Updated 2023-03-02T07:03:31Z


Cilacap, MA - Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap menggelar pelatihan potensi SAR Medical First Responder (MFR) pada Rabu (01/03). Pelatihan yang melibatkan 50 orang peserta ini berasal dari berbagai organisasi dan instansi pemerintah yang dilaksanakan di Aula Balai Desa Karangbenda Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap Jawa Tengah.


Adanya pelatihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan keahlian sumber daya manusia pada  potensi pencarian dan pertolongan yang tentunya sangat diperlukan dalam pelaksanaan operasi SAR dalam penanganan kecelakaan maupun musibah yang terjadi di wilayah kerja Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap.


Deputi Bidang Tenaga dan Potensi Pencarian dan Pertolongan, Moh Barokna Haulah, S.S. memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan menyampaikan bahwa seluruh peserta harus mengikuti pelatihan ini dengan serius dan menyerap ilmu yang diberikan instruktur. Diskusikan dan pecahkan masalah yang ada sebagai solusi bersama. 


Metode yang akan digunakan dalam pelatihan ini, teori kelas, drill kering, simulasi dan praktek lapangan, sedangkan materi pelatihan meliputi: pengantar medical first responder, kedaruratan lingkungan, BHD dan RJP, pemindahan korban, terapi oksigen, penilaian korban, cidera alat gerak, cidera jaringan lunak, triage, dan simulasi.


Pelatihan Potensi SAR ini akan  diselenggarakan selama 4 hari mendatang. Dengan pembekalan berupa materi dan praktek yang nantinya peserta akan mendapatkan sertifikat kompetensi SAR resmi dari BASARNAS. (Pour).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • BASARNAS Cilacap Gelar Pelatihan Medical First Redponder (MFR) Bagi Potensi SAR.

Terkini

Topik Populer