terkini

Desa Telang Rejo Bangun insfrastruktur melalui PAdesa.

3/09/23, 11:28 WIB Last Updated 2023-03-09T04:28:11Z


Banyuasin_MA. Saat ini Desa Telang rejo kecamatan Muara Telang Kabupaten Banyuasin sedang giat giatnya melaksanakan pembangunan infrastruktur dasar, disegala bidang dengan Baik menggunakan Dana Desa(DD) maupun Pendapatan Asli Desa (PAdesa) dengan pembenahan pembangunan skala prioritas diantaranya dengan pembangunan Dermaga serta Peningkatan Jalan di areal Pemakaman serta perehaban sarana olah raga berupa perbaikan lapangan Sepak bola. Kamis (9/03/2023).

Saat di temui di ruang kerjanya. Kepala desa Telang rejo, Suyoto. Menjelaskan, Pembangunan beberapa sarana serta prasarana tersebut merupakan hasil kesepekatan warga, pihaknya saat ini dapat membangun Dermaga di areal pemakaman desa selain itu lewat dana PAD yang berasal dari Hasil pelakasanaan Peraturan Desa ( Perdes) yang berasal dari Unit usaha Combent (alat panen padi) berupa Sumbangan dari beberapa pengusaha alat pertanian yang melakukan kegiatan di Desa Telang Rejo. Dari Hasil Perdes tersebut saat ini pemerintah Desa bersama masyarakat berhasil merehab sarana olah raga berupa perbaikan lapangan sepak bola. Hal ini merupakan dukungan dari masyarakat dan perangkat desa sehingga program Swadaya masyarakat yang bersumber dari Dana PAD tersebut khusus untuk program Infrastruktur bisa terealisasikan dengan baik ,"jelasnya

Dikatakan Kades Suyoto. keberhasilan pembangunan yang telah diwujudkannya itu, tiada lain berkat adanya semangat gotong-royong dari seluruh lapisan masyarakat, dukungan dari lembaga desa (BPD/LPM). Juga tidak lepas adanya dukungan dari pihak pemerintah baik pemerintah pusat dan pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten.

Di tambahkannya, namun dibalik keberhasilan yang telah dicapai selama ini, pihaknya tetap mengharapkan dukungan dan perhatian dari pihak pemerintah terhadap keberadaan desa ini. "Sebab, kami berkeinginan kuat agar desa ini bisa berkembang pesat sejalan dengan gerak langkah pembangunan di Kabupaten Banyuasin menuju Kabupaten Termaju di Indonesia, agar Desa Telang rejo bisa sejajar dengan desa-desa lainnya."Kami punya keyakinan jika didorong kemauan keras dan didukung oleh semua pihak terkait, kedepannya desa ini akan berkembang menjadi desa yang maju,"ungkapnya.

Harapan kami kedepan, tambah dia, "bukan hanya dibidang infastruktur saja, kami terus berusaha untuk bisa mensejahterakan masyarakat seperti ekonomi, lingkungan, dan kesehatan," pungkasnya.

Tentu saja program pembangunan jalan ini mandapat antusiasme masyarakat yang cukup tinggi, hingga tak segan-segan mereka bergotong royong agar proses pembangunannya cepat seleseai. Karena dengan adanya jalan tersebut masyarakat mengaku sangat terbantu dalam hal mobilisasi.

Salah satu warga mengatakan, Ia dan warga lainnya sangat senang atas dibangunnya Dermaga di makam desa di wilayahnya."Pasalnya, dahulu sebelum Dermaga pelabuhan tersebut dibangun, masyarakat memiliki kendala tersendiri di saat melakukan pemakaman warga. Terlebih ada sebagian masyarakat yang masih menggunakan Transportasi sungai sehingga untuk menaikkan Jenazah pun masyarakat sangat kesulitan. Berkat inisiatip kepala Desa Telang Rejo hal tersebut dapat di atasi." ucapnya

Lanjutnya. Perehaban jalan di areal pemakaman sebelumnya menjadi keluhan tersendiri bagi warga desa Telang rejo, di karenakan kontur jalan masih berupa tanah jika hujan besar jalan akan menjadi seperti lumpur dan menganggu aktifitas warga, dan jika panas debu dari tanah itu bisa menganggu pernafasan. Saat ini Alhamdulillah Areal pemakamanpun sudah terlihat jauh lebih baik dari sebelumnya. Kami juga sangat berterima kasih kepada aparatur pemererintahan Desa Telang Rejo yang telah merealisasikan Dana PAD  secara tepat sasaran,"tuturnya. ( Tri sutrisno)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Desa Telang Rejo Bangun insfrastruktur melalui PAdesa.

Terkini

Topik Populer