terkini

Jelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H Rutan Bener Meriah Prioritaskan Layanan Kunjungan

Pujo
4/21/23, 10:00 WIB Last Updated 2023-04-21T03:00:26Z
Bener Meriah – Mediaadvokasi.id:
Jelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H 2023 M, para keluarga warga binaan
Rumah Tahanan Negara ( Rutan ) Kelas II B Bener Meriah dengan  
silih berganti kunjungi keluarga di Rutan Bener Meriah Kanwil Kemenkumham Aceh. Jum'at 21 April 2023.

Kunjungan keluarga Rumah Tahanan Negara ( Rutan ) kelas II B Bener Meriah yang di mulai dari sejak pukul 09.00 WIB tersebut, tampak dengan silih berganti  mulai berdatangan, hal itu tentu untuk melepas rindu dengan keluarga mereka yang masih menjalani masa Pidana/Penahanan di Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Bener Meriah. 

Pelayanan terhadap pengunjung tersebut merupakan  salah satu prioritas Rumah Tahanan Negara Kelas II B Bener Meriah dalam meningkatkan pelayanan terhadap Warga Binaan maupun keluarga dari Warga Binaan itu sendiri.

Sementara itu, berdasarkan amatan awak media, Meskipun bulan ini bertepatan dengan bulan Ramadhan dan menjelang hari Raya Idul Fitri 1444 H, namun kunjungan tatap muka masih cukup ramai bagi warga binaan pemasyarakatan yang ingin bertemu dengan keluarga mereka.

Layanan kunjungan yang biasanya dilaksanakan pada hari Senin s/d Kamis yakni mulai pukul 09.00 WIB s/d pukul 15.00 WIB tetap dibuka pada Hari Meugang dan Hari Raya idul Fitri ini untuk memberikan kenyamanan dan pelayanan yang prima bagi warga binaan.

Sementara, berdasarkan pengakuan pengunjung pada rutan Bener Meriah yang engan disebut namanya saat di konfirmasi awak media mengatakan, iya selaku keluarga narapidana merasa puas atas pelayanan yang diberikan oleh petugas rutan.

“Alhamdulillah kami berkunjung di Rutan Kelas II B Bener Meriah tidak dipungut biaya dan dilakukan secara gratis dengan pelayanan yang sangat baik dari para petugas”. katanya.

Disi lain Syuhada selaku Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Bener Meriah Mengatakan, “layanan Kunjungan pada Hari Raya idul Fitri 1444 H tetap kita laksanakan" ucapnya 

Adapun persyaratan bagi para pengunjung yang ingin mengunjungi keluarganya selaku warga binaan pemasyarakatan di Rutan Kelas II B Bener Meriah sebagai berikut, Pertama pengunjung adalah keluarga inti dari WBP. 
Kedua Pengunjung wajib membawa kartu identitas yang masih berlaku. Ketiga Pengunjung sudah menerima vaksin ketiga, 
Keempat Bagi pengunjung yang belum menerima vaksin, wajib menunjukkan rapid/swab antigen negatif, atau surat keterangan tidak dapat menerima vaksin karena alasan kesehatan, 
Kelima Kunjungan bagi tahanan harus mendapat izin dari pihak yang menahan secara tertulis,.
Keenam Dilarang membawa senjata api, senjata tajam, barang logam, bahan kaca, handphone, dan obat-obatan ke dalam rutan, serta  mematuhi semua peraturan yang berlaku di dalam rutan”. Jelas Syuda.

Sementara itu, Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Bener Meriah, Baharuddin SH.  mengatakan, selama Hari Raya Idul Fitri, sesuai Surat Edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan, pihaknya telah mempersiapkan personil pengamanan yang bertugas melaksanakan pengamanan hari raya mulai proses penerimaan kunjungan sampai pada pelaksanaan ibadah hari raya di dalam Rutan.

"Selama Hari Raya Idul Fitri, kami telah mempersiapkan personil pengamanan yang cukup untuk meningkatkan kewaspadaan di momen hari raya" ucap Baharuddin.

Pengamanan akan berlangsung mulai dari penerimaan kunjungan sampai pada pelaksanaan ibadah Sholat Ied di dalam Rutan. Jelasnya 

Kunjungan hari raya akan berlangsung mulai tanggal 21 hingga 23 April 2024. dan terkait kapasitasnya, sudah kami atur dan siapkan, ucapnya 

Hal ini sesuai dengan Surat Edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nomor : PAS-482.PK.08.05 Tahun 2023 Tentang Peningkatan Kewaspadaan Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H/ 2023 M.

Rutan Bener Meriah juga akan tetap memantau dan memberikan laporan Pelaksanaan Kunjungan Hari Raya Idul Fitri sesuai dengan surat dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Nomor : PAS.5-UM.01.01-63 tentang Pemberitahuan Pengiriman Laporan Pelaksanaan Kunjungan Hari Raya Idul Fitri di UPT Pemasyarakatan". jelasnya.

Lebih lanjut, Baharuddin juga menjelaskan bahwa bersamaan dengan persiapan menjelang Idul Fitri, pihaknya juga telah mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan pelaksanaan pemberian Remisi Khusus Hari Raya Idul Fitri 1444 H bagi seluruh warga binaan Muslim.

"Harapan kami, pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 1444 H di Rutan Bener Meriah Kanwil Kemenkumham Aceh dapat berjalan dengan baik dan lancar serta terhindar dari gangguan keamanan dan ketertiban karena momen ini menjadi atensi Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Pak Reynhard S. P. Silitonga dan Plh. Kakanwil Kemenkumham Aceh, Bapak Rakhmat Renaldy" jelasnya.

"Mudah-mudahan momen ini dapat dinikmati bersama oleh warga binaan Muslim dan keluarga yang datang berkunjung dengan penuh kebahagiaan karena baru tahun ini, kami membuka kunjungan yang seluas-luasnya bagi pengunjung setelah beberapa tahun dibatasi oleh Covid-19. Walaupun begitu, dalam pelaksanaannya, tetap menerapkan protokol kesehatan," pungkas Baharuddin.

Sumber : Humas Rutan BM.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Jelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H Rutan Bener Meriah Prioritaskan Layanan Kunjungan

Terkini

Topik Populer