terkini

Kodim 0703 Cilacap Gelar Apel Siaga Bencana Alam Antisipasi Cuaca Ekstrim.

4/28/23, 22:53 WIB Last Updated 2023-04-28T15:53:27Z


Cilacap, MA - Menindaklanjuti petunjuk Komandan Kodim 0703 Cilacap Letkol Inf Andi Afandi, S.I.P,. M.I.P terkait adanya anomali cuaca yang tidak menentu yang mengarah pada cuaca ekstrim dan berpotensi menyebabkan bencana alam di wilayah Kabupaten Cilacap, maka Kodim 0703 Cilacap menggelar Apel Siaga Bencana Alam, bertempat di halaman Makodim, Jln. Jenderal Sudirman, No. D-1 Cilacap, Jumat (28/04/2023).


Apel Siaga Bencana dipimpin oleh Perwira Siaga Kodim 0703 Cilacap dalam hal ini Kapten Kav Nursohib Anshori dengan peserta apel yaitu personel Siaga yang berjumlah 2 peleton.


Seperti diketahui perkembangan situasi bahwa pada Kamis (27/04) malam dilaporkan telah terjadi hujan deras dengan intensitas tinggi secara merata di wilayah Kabupaten Cilacap yang telah menyebabkan meningkatnya debit air di beberapa wilayah dan menyebabkan terjadinya banjir.


Salah satu wilayah yang terdampak adalah Kota Cilacap dimana sesaat setelah hujan mengguyur wilayah tersebut telah terjadi banjir di beberapa kelurahan dan juga jalan utama di Kota Cilacap yang menyebabkan terhambatnya arus lalu lintas, meskipun pada pagi harinya air telah surut.


Dalam arahannya, Perwira Siaga Kodim 0703 Cilacap Kapten Kav Nursohib Anshori mengatakan guna mengantisipasi adanya bencana alam tersebut maka Kodim 0703 Cilacap menyiapkan Anggota Siaga untuk disiapkan dan digerakan sewaktu waktu diperlukan manakala terjadi bencana alam.


"Dalam pelaksanaanya Kodim bekerjasama dengan BPBD bersama unsur unsur terkait guna melaksanakan upaya kesiapsiagaan untuk mengantisipasi adanya bencana alam di wilayah Kabupaten Cilacap. Hal ini perlu dilakukan, karena upaya ini sebagai komitmen TNI dalam membantu Pemerintah khususnya mengatasi bencana alam," ungkapnya.


Lebih lanjut, ditegaskan sebagai personil yang disiagakan maka harus memiliki kecepatan dan selalu siap siaga apabila sewaktu waktu diminta Pemda atau BPBD untuk melaksanakan patroli atau upaya lainnya dalam mengantisipasi terjadinya bencana alam.


"Melalui apel siaga Bencana alam, diharapkan personel siaga dapat menerima arahan dan informasi terkini terkait perkembangan situasi di wilayah Kabupaten Cilacap serta mempedomani petunjuk arahan pimpinan agar selalu siap siaga apabila digerakan untuk membantu mengatasi bencana alam," tegasnya. (Pour).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kodim 0703 Cilacap Gelar Apel Siaga Bencana Alam Antisipasi Cuaca Ekstrim.

Terkini

Topik Populer