terkini

Korem 032/Wirabraja gelar latihan penanggulangan bencana alam TA 2023, untuk meningkatkan kemampuan Komandan dan Staf dalam merencanakan suatu operasi yang mencangkup tentang kerjasama, koordinasi dalam pengambilan keputusan dan prosedur tata cara kesiapan prajurit dalam menghadapi bencana alam, bertempat di Makorem Jln. Jenderal Sudirman No.29 Padang Sumatera Barat. Senin (11/9/2023).

9/11/23, 13:21 WIB Last Updated 2023-09-11T06:21:40Z

 


Padang,MA-Kegiatan ini merupakan bagian dari pelaksanaan program kerja Korem 032/Wbr TA. 2023 bidang pembinaan latihan dan pembinaan satuan, latihan ini diikuti oleh seluruh Prajurit Korem 032/Wbr se Garnizun Padang termasuk unsur Pemerintah daerah Provinsi Sumbar yang terkait dalam Penanggulangan bencana alam di wilayah Sumatera Barat yang di kelompokkan menjadi klaster-klaster sesuai bidang tugas dan tanggung jawab masing-masing dalam pelaksanaan penanggulangan bencana.


Dalam sambutan Pangdam I/BB Mayjen TNI Mochammad Hasan dalam Pembukaan Latihan ini, yang dibacakan oleh Danrindam I/BB Kolonel Inf Charles B.P. pertama-tama mengucapkan selamat datang di Makorem 032/Wbr kepada segenap penyelenggara dan pelaku latihan, Pangdam I/BB menjelaskan bahwa penanggulangan bencana alam termasuk dalam tugas pokok TNI sesuai Undang-undang RI nomor 34 tahun 2004 yaitu menegakkan kedaulatan Negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI serta melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia. Salah satu tugas tersebut adalah operasi Militer selain perang seperti melaksanakan perbantuan kepada Pemerintah daerah dalam rangka penanggulangan bencana alam di daerah.


Mayjen TNI Mochammad Hasan menjelaskan Provinsi Sumatera Barat merupakan daerah yang rawan berpotensi timbul bencana alam antara lain gempa bumi dengan intensitas catatan gempa yang cukup tinggi yang berpotensi tsunami. selaku komando kewilayahan, Korem 032/Wirabraja bersama satuan TNI Angkatan Laut dan TNI Aangkatan Udara di wilayah Sumatera Barat dituntut memiliki pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni dalam menghadapi dan menanggulangi bencana alam di daerah. 


“Untuk itu memenuhi tuntutan tugas tersebut, maka diselenggara-kanlah latihan lapangan penanggulangan bencana alam gempa bumi yang berpotensi tsunami agar memiliki kemampuan dan keterampilan serta kecepatan bergerak yang tinggi untuk membantu pemerintah daerah dalam melaksanakan penanggulangan bencana alam gempa bumi secara tepat dan tuntas guna meminimalisir korban” ujarnya


Latihan Penanggulan bencana alam yang digelar  akan berlangsung  kurang lebih lima hari dengan mengusung tema  “Korem 032/Wirabraja  melaksanakan operasi bantuan kepada Pemerintah daerah di wilayah Sumatera Barat menanggulangi akibat bencana alam guna mendukung tugas pokok Kodam I/Bukit Barisan. 


Peserta latihan terdiri dari satuan Denkesyah Padang, Denzibang 5/1 Padang Denpal, Denhubrem, Denbekang, Denpom, Ajenrem, Kodim 0312/Padang, Yonif 133/YS, Lantamal II Padang, Lanud Sutan Sjahrir, Polda Sumbar, BPBD Sumbar, Basarnas, BMKG, PMI, Dinsos, Tagana, Dishub, Pol PP, RAPI, ORARI, Kominfo, Damkar serta unsur terkait lainnya.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Korem 032/Wirabraja gelar latihan penanggulangan bencana alam TA 2023, untuk meningkatkan kemampuan Komandan dan Staf dalam merencanakan suatu operasi yang mencangkup tentang kerjasama, koordinasi dalam pengambilan keputusan dan prosedur tata cara kesiapan prajurit dalam menghadapi bencana alam, bertempat di Makorem Jln. Jenderal Sudirman No.29 Padang Sumatera Barat. Senin (11/9/2023).

Terkini

Topik Populer