terkini

Disdukcapil Pakpak Bharat Lakukan Pelayanan IKD.

3/20/24, 12:32 WIB Last Updated 2024-03-20T05:32:18Z


Pakpak Bharat, (SUMUT) -MA;Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pakpak Bharat melakukan pelayanan Identitas Kependudukan Digital (IKD) di berbagai desa wilayah Pakpak Bharat, Seperti Senin kemari di Pasar Barisan Salak, (18/03) dan dilanjut ke Desa Kecupak II Selasa, (19/03). 


Kepala Dinas Kependudukan  dan Pencatatan  Sipil Petrus Saragih,SE.MM, mengajak seluruh warga Pakpak Bharat  untuk beralih ke Identitas Kependudukan Digital (IKD).


 Dengan adanya IKD, masyarakat akan lebih mudah ketika melakukan transaksi pelayanan publik atau privat hanya melalui telepon genggam. 


Pada saat pelayanan IKD di Pasar Barisan Salak, Kadis Dukcapil  menyampaikan kepada masyarakat , IKD memiliki banyak manfaat dalam hal transaksi pelayanan publik. Diantaranya adalah, mencegah penyalahgunaan data kependudukan .


 “Ayo seluruh warga Pakpak Bharat, mari kita gunakan identitas kependudukan digital. Banyak manfaatnya, mengurus apapun hanya dengan melalui handphone, semua bisa terealisasi,” 


Dengan adanya aplikasi IKD maka segala akan lebih mudah daripada menggunakan identitas fisik KTP-el. Dengan menggunakan IKD,  bukan hanya pelayanan yang semakin mudah. Akan tetapi, Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat juga semakin tepat sasaran dalam memberikan bantuan kepada warga miskin. 


“Artinya, dengan IKD maka warga akan semakin mudah ketika mengurus perizinan, atau ketika akan bepergian. Contoh, biasanya kita saat akan naik pesawat pasti diminta untuk menunjukkan identitas, dengan IKD cukup ditunjukkan melalui aplikasi, tanpa harus mengeluarkan identitas fisiknya. Selain itu masih banyak lagi manfaat dari IKD. (Jan).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Disdukcapil Pakpak Bharat Lakukan Pelayanan IKD.

Terkini

Topik Populer