terkini

DPRD Sampang adakan Rapat paripurna tentang Nota Penjelasan Bupati terhadap LKPJ Tahun 2023 dan Pembentukan Panitia Khusus (Pansus) LKPJ Bupati Tahun Anggaran (TA) 2023.

3/30/24, 10:07 WIB Last Updated 2024-03-30T03:07:40Z



SAMPANG,MA- Dibulan Ramadhan malam ke 18 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sampang telah menggelar rapat paripurna terkait Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ), Kamis (28/03/2024) malam.

Rapat paripurna yang dihadiri 32 anggota DPRD tersebut, pembahasan tentang Nota Penjelasan Bupati terhadap LKPJ Tahun 2023 dan Pembentukan Panitia Khusus (Pansus) LKPJ Bupati Tahun Anggaran (TA) 2023.

Turut hadir Sekretaris Daerah (Sekda) Yuliadi Setiawan, serta sejumlah pejabat Pemkab, Forkopimda dan wakil ketua DPRD setempat.

Fadhol Ketua DPRD Sampang Saat pembukaan jalannya Rapat menyampaikan, dokumen nota penjelasan bupati terhadap LKPJ tahun 2023, sudah diterima oleh pihaknya.

“Selanjutnya, kami akan melakukan pembahasan internal DPRD dalam membahas LKPj melalui pembentukan Pansus,” ungkap Fadol dalam rapat paripurna di Ramadhan 1445 H

Ia menjelasakan, pembahasan LKPj oleh Pansus dijadwalkan mulai 16 April hingga 23 April 2024. Kemudian, dilanjutkan pada 24 April dengan agenda rapat paripurna rekomendasi hasil Pansus atas LKPJ bupati tahun 2023.

“Hari ini setelah pengumuman dan penetapan nama-nama anggota Pansus LKPJ akan kita bahas nanti, setelah itu baru kita rekomendasi,” pungkas Fadol.

Ketua DPRD dari fraksi partai PKB ini juga menyampaikan, berdasarkan tata tertib telah memenuhi peraturan DPRD Kabupaten Sampang No. 2 Tahun 2023 tentang Tata Tertib DPRD.

“Ini merupakan rapat paripurna ke-4 sidang ke-1 di tahun ke-5, dengan acara Nota Penjelasan Bupati terhadap LKPJ tahun 2023 dan pengumuman nama-nama anggota Pansus LKPJ Bupati tahun anggaran 2023,” ungkapnya.

Berikut daftar nama-nama anggota Pansus LKPJ Bupati Sampang Tahun 2023 :
1. Musaddaq Chalili (Fraksi PKB)
2. Baihaki (Fraksi PKB)
3. Anik Amanillah (Fraksi PPP)
4. Husni Mubarok (Fraksi PPP)
5. Imam Hanafi (Fraksi Nasdem)
6. Imam Hambali (Fraksi Nasdem)
7. Alan Kaisan (Fraksi Gerindra)
8. Sohibus Shulton (Fraksi Gerindra)
9. Ubaidillah (Fraksi Golkar)
10. M. Faisol Riyadi (Fraksi Golkar)
11. Abdus Salam (Fraksi Demokrat)
12. HR. Aulia Rahman (Fraksi Demokrat)
13. Nasafi (Fraksi Amanat Sejahtera)
14. Toipul Minan (Fraksi Amanat Sejahtera)
15. Anto Haryono (Fraksi Perjuangan).

Sementara itu, Sekdakab Sampang Yuliadi Setiawan menyampaikan, mengenai pencapaian kinerja pembangunan daerah selama 2023 sesuai Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yaitu mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing.

“Mewujudkan kemandirian ekonomi daerah dan perdesaan melalui pengembangan agribisnis pariwisata dan ekonomi kreatif, meningkatkan pembangunan infrastruktur yang berkualitas dan berkelanjutan,” jelasnya.

Selain itu, juga memperkuat tata kelola pemerintahan daerah dan desa yang transparan, akuntabel, berorentasi pada pelayanan publik, serta mewujudkan harmonisasi kehidupan masyarakat yang waspada, tanggap, tertib, damai, dan bersatu.

Dalam penyampaian tertulisnya, beberapa indikator capaian kinerja pembangunan daerah 2023 yakni dapat dilihat dari indikator kinerja utama terkait penurunan angka kemiskinan dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

“Secara garis besar capaian prioritas pembangunan daerah menunjukkan capaian yang cukup baik,” ungkap Yuliadi Setiawan.

IPM Sampang tahun 2023 sebesar 66,19 atau mengalami peningkatan 0,75 persen dari tahun sebelumnya. Peningkatan ini menunjukkan bahwa kualitas SDM Sampang mengalami perbaikan meskipun nilainya masih relatif rendah.

“Persentase penduduk miskin dari tahun 2019 sampai dengan tahun 2023 mengalami fluktuatif. Tingkat persentase kemiskinan menurun dari tahun 2019 sebesar 20,71 persen meningkat menjadi 21,76 persen tahun 2023,” tandasnya. ( Her Roe')

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • DPRD Sampang adakan Rapat paripurna tentang Nota Penjelasan Bupati terhadap LKPJ Tahun 2023 dan Pembentukan Panitia Khusus (Pansus) LKPJ Bupati Tahun Anggaran (TA) 2023.

Terkini

Topik Populer