terkini

RKDD Kamojing Menyelenggarakan Pelatihan Digital Marketing

3/16/24, 22:44 WIB Last Updated 2024-03-16T15:44:35Z
Karawang, MA - Program Desa Cerdas Kemendesa PDTT melalui Ruang Komunitas Digital Desa (RKDD) di Desa Kamojing Kecamatan Cikampeki, Kabupaten Karawang Jawa Barat menyelenggarakan pelatihan digital marketing, Sabtu -Minggu (16-17/3/2024).

Kegiatan ini di hadiri oleh ketua Duta Digital Kabupaten Karawang Harry Priatna. S.Pd juga Duta Digital Kabupaten Yadi Supriadi yang sekaligus pemateri kegiatan dan peserta warga Desa Kamojing dan pelaku UMKM yang ada. 

Kader digital  Desa Kamojing Meianti Saskia Azmi.SH mengatakan Ruang Komunitas Digital Desa (RKDD) Kamojing merupakan ruang yang disiapkan agar dimanfaatkan oleh masyarakat ataupun komunitas-komunitas di Desa Kamojing untuk belajar, sehingga di ruang inilah terbentuknya kelompok diskusi, sharing, dan menciptakan ide gagasan dan solusi yang inovatif berbasis teknologi digital.

“Ruang Komunitas Digital Desa di Desa Kamojing sudah ada pengelolanya dan sudah ada peraturan desa yang ditetapkan berupa SK Penetapan RKDD dan SK Tim Pengelola RKDD, yang mana dalam hal ini kader digital desa menjadi penanggungjawab dalam kegiatan RKDD”, kata Meianti kepada Media Advokasi. 

Menurutnya, RKDD ini dibentuk dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat terhadap pemanfaatan teknologi digital dalam melakukan pembangunan dan pemberdayaan desa inklusif, efektif, dan produktif. Keberadaan RKDD ini diharapkan dapat mendukung pencapaian output Program Desa Cerdas atau Smart Village  dengan 6 pilar Smart Village diantaranya pilar mobilitas cerdas, ekonomi cerdas, masyarakat cerdas, tata Kelola cerdas, lingkungan cerdas, kehidupan cerdas.

Komunitas Digital Desa Kamojing salah satu praktik baiknya dalam peningkatan kapasitas SDM mengadakan pelatihan digital marketing bekerjasama dengan unsur komponen yang berkaitan yang ada diKabupaten Karawang. Materi pelatihan ini diantaranya riset dan analisis kata kunci, optimasi media social, mengelola konten dan pembuatan iklan, melakukan pendekatan dengan konsumen. Kegiatan ini merupakan Program Desa Cerdas yang mengacu pada pilar ekonomi cerdas.

Menurut Ketua Duta Digital Kabupaten Karawang  Harry Priatna,S.Pd Pemerintah  sangat mendukung kegiatan dari Ruang Komunitas Digital Desa dan memfasilitasi apa yang menjadi kebutuhan teman-teman Komunitas Digital. 

“Pelatihan ini merupakan salah satu contoh pemanfaatan digital, maka dari itu Pelaku Usaha UMKM khususnya diharapkan mampu menyerap materi digital marketing dengan baik sehingga akan meningkatkan omzet penjualan, nantinya kelompok ini juga akan dibina dengan pelatihan dengan materi yang berbeda yang tentunya akan meningkatkan skill bisnis peserta”, jelasnya.

Dengan antusiasme peserta, kegiatan pelatihan digital marketing berjalan dengan sukses. Kegiatan pelatihan digital marketing merupakan awal dari Program Desa Cerdas dengan kegiatan yang sudah disusun untuk mencapai 6 pilar dan akan berkelanjutan dengan adanya pelatihan-pelatihan secara periodik di Desa Kamojing. (Yon)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • RKDD Kamojing Menyelenggarakan Pelatihan Digital Marketing

Terkini

Topik Populer