terkini

Menteri Jonan Berikan Kuliah Umum Di ITB Bandung

10/17/18, 19:58 WIB Last Updated 2018-10-17T12:58:44Z

Menteri ESDM
Bandung, Media Advokasi - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan memberikan kuliah umum kepada mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam Studium Generale KU-4078, di Aula Barat Kampus ITB, Jalan Ganesa no 10, Rabu (17/10/2018). Kuliah umum Menteri Jonan mengangkat tema tentang leadership atau kepemimpinan.
Dalam paparannya, Jonan banyak memberikan motivasi kepada ratusan mahasiswa yang hadir mengenai bagaimana seharusnya menjadi pemimpin di masa yang akan datang.

"Menjadi seorang pemimpin itu harus bertanggung jawab dan amanah," ungkap Jonan.

Dia mengatakan poin yang paling penting dalam kepemimpinan, yakni pemimpin harus memberikan contoh, supaya yang dipimpin mau mengerjakan tujuan utama yang hendak dicapai. Kepemimpinan, lanjutnya yang penting adalah hasilnya bukan pada popularitasnya.

"Pemimpin targetnya adalah hasil, bukan sekedar populer," ujarnya.

Ia bercerita, selama 2009-2014 menjabat Dirut PT. KAI, banyak perbaikan pelayanan telah dilakukan. Meskipun pada dasarnya, dirinya tidak memiliki kemampuan tentang pengelolaan perkeretaapian. Kerja keras adalah kunci dari keberhasilan yang telah dilakukannya itu.

"Kerja keras tidak bisa digantikan oleh apapun. Leadership salah satunya dipengaruhi oleh kerja keras," pesannya. (yon/Jo)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Menteri Jonan Berikan Kuliah Umum Di ITB Bandung

Terkini

Topik Populer