terkini

PBNU Kerjasama Bersama BMKG

2/14/19, 12:38 WIB Last Updated 2019-02-14T05:38:34Z


Jakarta, MA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menggandeng Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dalam kerja sama pemanfaatan dan pengembangan informasi di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika.

Biro Hukum dan Organisasi Bagian Hubungan Masyarakat BMKG dalam siaran persnya, menyampaikan, penandatangan kerja sama dilakukan oleh Ketua Umum PBNU, Said Aqil Siradj dengan Kepala BMKG, Dr.Dwikorita Karnawati di Kantor PBNU, Jakarta, Selasa (12/2/2019).

Kepala BMKG, Dr.Dwikorita Karnawati saat di konfirmasi menuturkan, untuk mendukung antisipasi dan mitigasi bencana diperlukan adanya strategi pentahelix yang terdiri atas akademia/pakar, pihak swasta, masyarakat, tokoh agama,pemerintah, lembaga terkait, dan media.

"Salah satu strategi kerja samanya dilakukan dengan para tokoh masyarakat (ulama)," katanya saat di konfirmasi wartawan(14/2/19)

Dengan jejaring Nahdatul Ulama (NU) yang luas dan tersebar di seluruh Indonesia, maka diharapkan penyebarluasan informasi cuaca, iklim, dan gempa bumi dapat dilakukan secara efektif dan efisien dalam rangka mendukung keselamatan masyarakat.

Dwikorita menjelaskan, kesepakatan bersama ini akan berlangsung selama 5 tahun kedepan, setelah menandatangani kesepakatan bersama ini. "Kami mengandeng NU karena NU mempunyai jejaring yang sangat luas dan kuat di seluruh penjuru Tanah Air sehingga diharapkan melalui jejaring ini, informasi BMKG dapat disampaikan kepada masyarakat," katanya.

Dwikorita berharap melalui kerja sama ini, informasi dari BMKG nantinya dapat menghasilkan informasi untuk produktivitas pembangunan. Informasi ini juga dapat membantu nelayan dan petani untuk meningkatkan produktivitas panen.

"Melalui NU, informasi yang salah atau hoax dapat diluruskan sehingga informasi yang disampaikan lebih efektif," tambah Dwikorita.

Sementara itu Ketua Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) NU, Ali Yusuf mengharapkan, informasi dari BMKG mudah diterima dan dipergunakan oleh masyarakat untuk mendukung kesejahteraan dan keselamatan warga.

Lebih lanjut, Ali mengatakan, NU juga memiliki lembaga falakiah yang sangat concern terhadap pergerakan cuaca maupun rukhyatul hilal. "Lembaga falakiah juga mempunyai pakar untuk memprediksi bencana alam sehingga nantinya antara BMKG dengan NU bisa bertukar pikiran/exchange," katanya.

Kerja sama BMKG dan PBNU ini meliputi poin penting yang sangat starategis untuk diprioritaskan. Seperti halnya, penggunaan bahasa lokal untuk masyarakat paling bawah sehingga mereka bisa memahami dan mengantisipasi dari setiap bencana yang akan terjadi.

Melalui kerja sama ini, BMKG dan PBNU menyepakati beberapa ruang lingkup kesepakatan, yaitu penyampaian dan penyebarluasan informasi di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika, penyediaan dan pemanfaatan sarana dan prasarana, penyediaan dan pemanfaatan sarana dan prasarana, pendidikan dan pelatihan, penelitian dan pengembangan bersama, penguatan dan pengembangan kapasitas sumber daya manusia, dan penguatan kelembagaan. (yon/dpn)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • PBNU Kerjasama Bersama BMKG

Terkini

Topik Populer