terkini

Pemdes Tanjung Raya Gelar Musyawarah Masyarakat Desa

Ahmad Jahri
12/10/20, 08:26 WIB Last Updated 2020-12-10T01:26:15Z
MUBA, MA- Demi tingkatkan layanan dan angka kehadiran Balita sebagai peserta Pos Pelayanan terpadu (Posyandu) di desa Tanjung Raya. Pemdes Tanjung Raya bersama UPTD  Kesehatan, Puskesmas Ngulak. Gelar  kegiatan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) yang membahas Topik  peningkatan Kesehatan masyarakat dikantor Desa Tanjung Raya.Rabu, (9/12/2020). 

Kegiatan MMD di isi oleh Pemateri Nakes dari UPTD Puskesmas dan Bidan Desa. Dihadiri Langsung oleh Ketua TP-PKK Desa Tanjung Raya, Ny.Kusmayati Sulaiman SH  bersama Bidan Desa Ny.Neni Armiza.Am.Keb.dan Kader posyandu. Kepala Puskesmas Ngulak dr.Bayu Murdalin,yang diwakili oleh dr.Ria Anjelina bersama Tim Kesehatan dari Puskesmas Ngulak. 

Ria Anjelina Mengucapkan Terimakasih dan Apresiasi sekali atas dukungan dari Kades Tanjung Raya beserta TP-PKK dan Kader  Kesehatan Tanjung raya memberikan solusi peningkatan Peserta Posyandu.

Sesuai Misi dan Visi Puskesmas Ngulak,sebagai  UPTD dari Dinkes Musi Banyuasin. Dalam meningkatkan pelayanan Profesional dan Mutu untuk mencapai Masyarakat sehat.

“ Saya bersama tim dari Puskesmas Ngulak Selaku UPTD Dinas Kesehatan Kecamatan,Sangat Apresiasi dan terimakasih sekali.Atas support dari pak Kades Tanjung Raya.Dalam memberikan Solusi dalam Meningkat angka Kehadiran Peserta posyandu Desa Tannjung Raya ini.Yaitu dengan cara meningkatkan Fasilitas,gedung,Makanan tambahan saat  Posyandu  dan Souvenier yang akan di berikan ke anak-anak atau Balita Saat ke Posyandu tiap bulan. Dengan Tujuan adalah agar peserta posyandu mau datang,terutama anak-anak peserta posyandu,“ ujarnya.

Ketika Paparan dr.Ria Anjelina menjelaskan pokok persoalan tentang rendahnya Angka kehadiran Bayi berusia di atas Satu tahun ke Posyandu dan ini menjadi atensi khusus bagi tenaga kesehatan bersama Kader Posyandu Desa Tanjung Raya. 

Menurutnya secara Kesehatan Penyakit yang menjadi Pembunuh secara perlahan adalah penyakit Diabetes Melitus atau kencing manis.Sedangkan Hipertensi atau darah tinggi adalah pembunuh secara mendadak dan cepat. 

"Berdasarkan survei dengan metode Kuisioner di SMD,menjadi tiga item sebagai bahan materi serta menjadi perhatian prioritas bagi tenaga kesehatan untuk desa Tanjung Raya adalah masalah. rendahnya Angka Kehadiran Balita diatas satu tahun ke Posyandu pada tiap bulan Posyandu, Penderita Hipertensi (Red-Darah Tinggi) yang tidak rutin cek kesehatan secara berkala dan tingkat kesadaran warga yang Perokok. Untuk Itu Kader Posyandu bersama Bidan Desa agar bisa memberikan pemahaman dan perhatian kepada keluarga dan para warga selaku pasien pengidap darah tinggi ini. Supaya pasien terus dan rutin lakukan chek Up kesehatan secara diri," ungkap Ria saat menyampaikan materi.

Sebelumnya Kades Tanjung Raya Sulaiman Hamid.SH.Menegaskan dirinya selaku pemerintah Desa siap medukung dan men-support secara maksimal. Dengan tujuan meningkatkan Angka Kehadiran Peserta Posyandu. Baik itu Balita maupun ibu hamil yang butuh pelayanan posyandu di desanya.  



"Saya Selaku pemerintah Desa siap mendukung dan mensupport secara maksimal apapun yang perlukan dalam kegiatan Posyandu. Dengan tujuan meningkatkan Angka Kehadiran Peserta Posyandu.Baik itu Balita maupun ibu hamil yang butuh pelayanan posyandu di desa,saya berharap Bidan desa,kader posyandu bersinergis bersama pemerintah Desa,untuk mencari solusi terhadap kasus atau masalah yang tengah dihadapi. Buat lah Seunik mungkin Posyandu itu,agar anak-anak tertarik dan mau di ajak Ke posyandu demi peningkatan Kesehatan bagi Masyarakat," tegas Sulaiman. 

Senada juga Disampaikan oleh Bidan Desa Tanjung Raya, Ny.Neni Armiza.Am.Keb.Ketika berbincang dengan wartawan media ini. Terkait Kader Kesehatan Di desa harus memberikan edukasi dan sosialisasi  pemahaman dampak perokok dalam rumah.

"Kader posyandu akan memberikan edukasi kepada masyarakat terkait masalah Posyandu bersama Kader Kesehatan.Terutama masalah yang dibahas dalam MMD.Tentang rendahnya cakupan bayi berusia atas satu tahun yang dibawa ke Posyandu. Kemudian Sosialisasi kepada warga yang perokok. Agar jangan lagi merokok di dalam rumah,Karena sangat berdampak buruk bagi kesehatan penghuni dalam rumah lain. Dan ini menjadi perhatian bagi Kader kesehatan, Dan Pesan dan wejangan dari Pak Kades, agar kader kesehatan harus dibekali dengan pengetahuan tentang itu dengan cara selalu ikut kegiatan Pelatihan yang di berikan oleh tenaga kesehatan," tandasnya. (Mitra Desa)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pemdes Tanjung Raya Gelar Musyawarah Masyarakat Desa

Terkini

Topik Populer